Hujan Deras, Ribuan Rumah di Pandeglang Terendam Banjir

Pandeglang, Liputanbanten.co.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pandeglang menyebabkan sedikitnya 1.236 rumah di enam kecamatan tergenang banjir hingga ketinggian air mencapai 2 meter.

Berdasarkan keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Dadi Supriyadi, sejumlah wilayah yang terendam banjir dianyaranya Kecamatan Patia, Pagelaran, Sukaresmi, Sobang, Cigeulis, dan Panimbang.

Akibat cuaca ini, aktivitas perekonomian warga terhambat. Salah satu kawasan yang mengalami banjir paling parah adalah Desa Idaman dan Kecamatan Patia.

Di Kecamatan Patia, banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Cilemer. Sedikitnya 423 kepala keluarga terdampak banjir, dan menyebabkan aktivitas warga lumpuh.

“Selain merendam enam kecamatan yang ada, 15 kecamatan lainnya juga berpotensi banjir jika hujan terus mengguyur Kabupaten Pandgelang,” kata Dadi, Kamis (19/1/2017).

Salah satu warga di Desa Idaman, Wati mengaku banjir yang menggenangi rumahnya membuat sejumlah barang-barangnya terendam banjir, bahkan hanyut terbawa arus. Ia masih bertahan di lantai dua rumahnya.

“Saya lebih memilih bertahan saja di rumah lantaran dari pemerintah belum ada tempat pengunsian sampai saat ini,” ujarnya. (Red/ln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here