Swedia Menang 1-0 atas Korea Selatan

Nizhny Novgorod, Liputanbanten.co.id – Swedia memetik kemenangan 1-0 atas Korea Selatan dalam laga Grup F Piala Dunia 2018. Andreas Granqvist mencetak gol tunggal lewat titik penalti yang diberikan menyusul penggunaan teknologi Video Assistant Referees (VAR).

Swedia menciptakan banyak peluang saat berhadapan dengan Korsel di Nizhny Novgorod Stadium, Senin (18/6) malam WIB. Namun tak ada gol yang dihasilkan pada babak pertama.

Kebuntuan baru terpecahkan oleh Swedia di babak kedua. Tim berjulukan The Blue-Yellow mendapat penalti di menit ke-65 dan Granqvist berhasil mengonversikannya menjadi gol.

Kemenangan ini membawa Swedia ke puncak klasemen Grup F bersama Meksiko, yang di laga pertama berhasil menang 1-0 atas Korea Selatan.

Korsel lebih dulu memberi ancaman ke jantung pertahanan Swedia. Son Heung-Min mengirim umpan lewat tendangan bebas, namun bola berhasil dibuang ke luar lapangan.

Peluang Swedia untuk mencuri gol lebih dulu tercipta di menit ke-18. Granqvist berhadapan satu lawan satu dengan kiper dan berpeluang menembak bola dari jarak dekat. Namun Kim Young-Gwon beraksi cepat untuk membuang bola dengan tekelnya.

Ancaman kembali diberikan Swedia selang dua menit kemudian. Marcus Berg mendapat bola di dalam kotak penalti dan tinggal berhadap-hadapan dengan Cho Hyun-woo, namun bola hasil sepakannya mengenai kaki sang kiper.

Korsel harus berusaha keras dalam bertahan sejauh ini. Tim besutan Shin Tae-Yong dibuat kepayahan pada menit ke-29 lewat sebuah umpan silang yang jatuh ke kaki Berg. Tampak gol akan terjadi, namun Koo Ja-Cheol bereaksi dengan sangat baik untuk memblok bola.

Korsel mulai sedikit melakukan serangan balik lewat umpan panjang. Akan tetapi, usaha itu kerap gagal karena kurangnya bantuan dari lini kedua.

Sementara itu, Swedia masih kerap membuat ancaman di lima menit waktu normal tersisa. Lagi-lagi, barisan pertahanan Korsel sangat sigap untuk memotong bola dengan tekel sebelum pemain lawan melepaskan tembakan.

Jelang turun minum Swedia kembali mengancam pertahanan Korsel. Viktor Claesson melepaskan tandukan usai menyambar umpan silang dari sisi kanan, namun bola masih sedikit melambung di atas gawang. Hingga babak pertama usai belum ada gol yang bisa diciptakan kedua tim.

Korsel menekan duluan di awal babak kedua. Sebuah umpan silang diarahkan ke dalam kotak penalti Swedia, bola mampun diatasi oleh kiper Robin Olsen.

Swedia gantian menyerang di menit ke-50. Bola diarahkan kepada Emil Forsberg, yang sempat melakukan satu kali sentuhan sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun bola masih belum tepat sasaran.

Selang dua menit kemudian Korsel membuat tim Swedia was-was. Kim Min-Woo melepas umpan chips yang mengarah ke Koo Ja-Cheol, bola pun ditanduknya dan nyaris berbuah gol setelah sedikit melebar dari gawang.

Cho Hyun-Woo membuat penyelamatan gemilang di menit ke-57. dia berhasil menepis bola hasil sundulan Berg dari jarak dekat.

Swedia baru berhasil memecah kebuntuan di menit ke-65. Wasit Joel Aguilar menunjuk titik penalti untuk Swedia setelah menyatakan Kim Min-Woo melanggar Viktor Claesson berdasarkan hasil video assistant referee (VAR).

Granqvist maju sebagai eksekutor. Bek sekaligus kapten tim Swedia itu berhasil menjalankan tugas dengan baik setelah arah bola sepakannya gagal terbaca oleh kiper Korsel. 1-0 Swedia memimpin.

Korsel mulai mencoba meningkatkan intensitas serangan. Si pelatih bahkan sampai memasukkan pemain 20 tahun jebolan tim junior Barcelona, Lee Seung-woo.

Swedia lebih banyak bertahan di 10 menit akhir pertandingan, sementara Korsel kesulitan menciptakan peluang. Tim berjulukan Taegeuk Warriors itu pun tak bisa menciptakan gol balasan. Laga pun tuntas dengan skor 1-0 untuk kemenangan Swedia.

Susunan Pemain:

Swedia : Robin Olsen; Mikael Lustig, Pontus Jansson, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson, Viktor Claesson, Albin Ekdal (Oscar Hiljemark 71′), Sebastian Larsson (Svensson 81′), Emil Forsberg, Marcus Berg, Ola Toivonen (Isaac Kiese Thelin 77′).

Korea Selatan: Cho Hyun-Woo, Lee Yong, Kim Young-Gwon, Jan Hyun-Soo, Park Joo-Ho (Kim Min-Woo 28′); Kim Shin-Wook (Jung Woo-Young 66′), Koo Ja-Cheol (Lee Seung-woo 73′), Ki Sung-yueng, Lee Jae-Sung; Hwang Hee-Chan, Son Heung-Min.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here