Pemkab Serang Luncurkan 29 Layanan Berbasis Online

Bupati Serang

Serang, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Bagian Komunikasi dan Informasi meluncurkan 29 aplikasi berbasis online. Hal itu bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi dan melaporkan kejadian secara langsung kepada pihak terkait.

Diketahui, aplikasi yang diluncurkan tersebut meliputi, Serangopen , Lapori, PPID, Sielang, EDMS Online, SIPKerja, Simponie, Kartukuning, E-SPPT Online, E-PPAT Online, Sim pdl, Sirekomjaki, Streaming Radio Serang Gawe, Pemantauan lingkungan, SIPD, Minicentre, Gis lalu lintas, GIS sekolah, Gis desa, Simparta, JDIH, LPSE, Sim penanggulangan bencana, SAKIP, Simkes, Anjungan pendaftaran mandiri, Sipejantan dan Applikasi Serang gawe.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, bahwa setelah launching seluruh layanan online di Pemkab Serang akan  berjalan secara serentak. Kata dia pelayanan yang dilakukan oleh Pemkab Serang akan dilakukan secara responsif dan transparan.

“Terutama perizinan, ini dilakukan selain persyaratan di KPK juga bisa digunakan untuk memudahkan investor yang akan masuk ke Kabupaten Serang,” kata Tatu saat menggelar Musrenbang RKPD tahun 2019 di lapangan tennis indoor Pemkab Serang‎, pada Selasa (20/3).

Selain itu, lanjutnya, Pemkab Serang juga menggunakan aplikasi layanan pengaduan infrastruktur secara langsung kepada Dinas terkait untuk memperbaikinya.” Jadi masyarkat juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan jika ada jalan rusak di wilayahnya, tinggal deteailkan berapa kilo (kerusakan jalan-red) dan akan ditindak lanjuti oleh Pekerjaan Umum, ” imbuhnya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Serang itu berharap, sistem aplikasi tersebut dapat menjadi alat bantu untuk mempermudah Pemkab Serang bekerja dalam rangka mewujudkan e-government, sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Serang tahun 2016-2021.

Sementara itu, Kepala Bagian Kominfo Kabupaten Serang Anas Dwi Satya menjelaskan, aplikasi yang diluncurkan dibagi menjadi  dua bagian, yakni  internal digunakan sebagai meningkatkan kinerja pegawai Pemkab Serang dan eksternal diterapakn kepada masyarakat untuk berkordinasi dengan Pemkab. “Aplikasi yang kita sebar kepada masyarakat bernama Serang Gawe dan untuk internal adalah Serang Kerja,” katanya.

Cara kerja aplikasi tersebut, kata dia dapat dilakukan secara  mudah oleh masyarakat umum sehingga bisa digunakan secara maksimal saat melakukan administarasi tanpa harus datang ke kantor tersebut.” Ketika masyarakat akan melakukan pengajuan bantuan sosial pengguna bisa memantau secara langsung di aplikasi tersebut,” jelasnya. [Adv]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here