Dinilai Berlebihan, Mobil Dinas Baru Walikota Serang Rp1,6 Miliar

Mobil Dinas Walikota Serang seharga Rp1.625.000.000. @Foto: Febry/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Walikota Serang Syafrudin memiliki Kendaraan Dinas (Randis) baru berupa Toyota Land Cruiser Prado seharga Rp1.625.000.000. Akan tetapi, mobil baru yang dimiliki oleh Walikota Serang mendapatbanyak kriti k dari berbagai elemen masyarakat. Salah satunnya, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Serang, Agus Munandar .

Ia menilai, pengadaan Randis milik Wali Kota Serang senilai Rp 1,625 miliar tidaklah wajar. Seharunnya dapat dipertimbangkan lagi. “Melihat dari tingkat kebutuhan dan kondisi geografis di Kota Serang, tidak perlu kendaraan dinas besar. Karena masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk masyarakat,” ungkap Agus Munandar saat konfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu(20/3/2019).

Selain itu, Kata Agus, pertimbangan lainnya, mengenai kemampuan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Serang minim.“Alangkah lebih baik digunakan untuk keperluan yang sangat urgent. Pembangunan atau Infrastruktur masih banyak yang rusak,” jelasnnya.

Kemudian, Kritik pun kembali dilontarkan, oleh akademisi Unsera, Abdul Malik mengatakan, Randis untuk Walikota Serang diperbolehkan, tetapi harus mampu menunjang kinerja walikota lebih giat lagi dalam menciptakan Kota Serang sesuai visi-misinya. “Saya kira, randis yang mahal itu harus bisa menunjang kinerja Walikota, bukan untuk gagah-gagahan. Karena masih banyak pekerjaan, untuk perubahan Kota Serang,” ujarnnya.

Lanjut Abdul Malik, anggaran yang cukup besar untuk pengadaan Randis itu, jangan sampai berpengaruh terhadap anggaran lain yang berhubungan dengan masyarakat. Karena Kota Serang masih dihantui dengan adanya gizi buruk dan pengangguran. “Mudah-mudahan saja, dengan Randis baru ini, bisa menunjang kinerja Wali Kota menjadi lebih baik. Sehingga, pekerjaan lainnya tidak terabaikan,” tegasnnya.

Tidak hanya itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Serang, Wahyu Papat JR pun angkat bicara, dirinnya menilai, anggaran Rp1,6 miliar tersebut fantastis untuk pengadaan randis Walikota Serang, Syafrudin. “Anggaran itu terlalu besar, sedangkan kebutuhan masyarakat masih banyak yang harus dipenuhi,” tandasnnya.

Seperti diketahui, menurut informasi Badan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Kota Serang, bahwa pengadaan Randis Walikota Serang, menggunakan pagu anggaran Rp2,4 miliar dengan HPS Rp2.129.092.500 dan nilai kontrak Rp1.625.000.000. (Lb/Fs/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here