Pagelaran Seni Budaya Sambut Pemilu 2019

Serang, Liputanbanten.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang akan mengadakan pagelaran seni budaya dengan tema membangun pemilih berdaulat di Bendungan lama Pamarayan, Kecamatan Pamarayan, pada Sabtu (21/4/2018).

Acara yang akan dilaksanakan sejak pukul 08.00 tersebut diadakan guna menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 mendatang yang saat ini tahapannya sudah dimulai dengan proses…diantara kegiatan yang tengah berjalan yaitu tahapan Pemutakhiran Data Pemilih yang dimulai dengan kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) Data Pemilih selama 1 bulan ( 17 April- 16 Mei 2018).

Kegiatan coklit tersebut dibantu Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( Pantarlih) sebanyak 3.991 orang se Kab.Serang.
Ketua KPU Kabupaten Serang Muhamad Nasehudin mengatakan, pagelaran seni budaya ini dilakukan untuk menyosialisasikan secara massif tahapan pemilu serentak 2019. Agar masyarakat bisa mengetahui tahapan apa saja yang saat ini sedang dilakukan.

“Supaya masyarakat tahu bahwa pemilu serentak akan dilakukan Rabu 17 April 2019 dan beberapa tahapannya tengah berjalan. Kegiatan ini dilakukan serentak KPU se- Indonesia, jadi bukan hanya di Kabupaten Serang,” ujarnya kepada wartawan.

Komisioner KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar Surya mengatakan, untuk tahapan pemilu 2019 sudah dimulai. Saat ini para petugas sudah turun ke lapangan untuk melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit). Mereka bertugas mendata pemilih dari DP4 yang kemudian nantinya akan dijadikan DPS dan kemudian DPT. “Begitu tahapannya,” ujarnya.

Abidin menjelaskan, adanya kegiatan pagelaran seni budaya sendiri bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa saat ini genderang Pemilu 2019 sudah dimulai. Acara tersebut merupakan bagian dari inovasi kegiatan sosialisasi dengan pendekatan kultur/budaya lokal,

Sebagai upaya menyadar masyarakat tentang adanys pemilu, serta memastikan masyarakat dapat berpartisipasi mensukseskan pemilu dan meyakinkan masyarakat tentang pentingnya menjaga daulat terhadap proses dan hasil pemilu yang menjadi tagline kpu ” pemilih berdaulat negara kuat”. Selain itu kpu berkewajiban mensosialisasikan peserta pemilu 2019 yang telah ditetapkan yaitu 16 partai politik nasional dan 4 partai lokal. “Tadinya kan 14, terus terakhir menyusul PBB dengan nomor urut 19 dan PKPI nomor urut 20,” katanya.

Kegiatan pagelaran tersebut akan menampilkan budaya seni local seperti rampak bedug, tarian sambutan, pencak silat dan juga debus yang merupakan kreasi teman-teman Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan sanggar seni di Kabupaten Serang. “Besok juga ada doorprize yang akan kita berikan ke masayarakat dan peserta lainnya untuk memeriahkan acara tersebut,” ucapnya.

Abidin menjelaskan, acara tersebut akan diikuti oleh sekitar 700 peserta. Para peserta itu terdiri atas 240 orang perwakilan partai politik. Dimana setiap parpol akan mengirimkan masing-masing 15 orang utusannya.

Kemudian dari para penyelenggara yang terdiri atas 87 orang PPK dari 29 kecamatan. Khusus untuk daerah pemilihan (dapil) 3 akan turut hadir sekitar 240 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan juga masyarakat umum.

“Terus ditambah sekretariatnya jadi sekitar 300 orang dari dapil 3. Yang jelas kita undang itu 700 orang semuanya dan juga mengundang masyarakat secara umum ,” katanya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here