Ini 6 Aktivitas Sehat Yang Aman Dilakukan Meskipun Perut Masih Kosong

Ilusrasi olahraga.

Liputanbanten.co.idKatanya menjalani aktivitas sehari-hari dengan perut kosong bisa membahayakan kesehatan. Paling sedikit dampaknya adalah kurang energi, lesu, dan sulit berkonsentrasi.

Namun perut yang kosong tidak selalu mendatangkan bencana bagi kesehatan. Bahkan, metabolisme yang terjadi ketika perut sedang kosong menciptakan beberapa kondisi yang baik untuk tubuh.

Ada beberapa aktivitas yang aman untuk Anda lakukan meskipun perut belum terisi makanan. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir Step to Health (2/8/).

Minum air

Minumlah satu atau dua gelas air saat Anda bangun tidur. Saat perut kosong, hal ini akan mengaktifkan ginjal yang bertugas membuang racun dari tubuh. Aktivitas usus juga memperbaiki proses pencernaan dan meringankan sembelit.

Makan buah

Makan buah saat perut kosong adalah kebiasaan yang sehat karena membutuhkan sedikit energi untuk mencernanya. Selain itu, buah juga membantu membersihkan tubuh.

Mendengarkan musik yang menenangkan

Jika Anda ingin mempersiapkan pikiran untuk hari yang diisi dengan energi positif, dengarkanlah musik klasik atau meditasi. Musik yang rileks baik dalam menenangkan pikiran, mengatur detak jantung, dan mengendalikan pernapasan.

Peregangan

Setelah tubuh beristirahat selama delapan jam, Anda harus bergerak dengan perlahan. Cara terbaik untuk lebih aktif adalah melakukan peregangan selama beberapa menit.

Ini akan membantu melonggarkan otot dan melumasi sendi untuk mencegah nyeri otot di siang hari. Ingatlah, untuk melakukan gerakan yang lembut dan terkendali untuk mencegah cedera.

Yoga

Latihan yoga tidak harus dilakukan setelah makan. Anda bisa melakukannya dengan perut kosong. Hal ini karena tubuh lebih ringan, bersih, dan mampu membuat konsentrasi terfokus pada aktivitas.

Namun, lakukan pose yoga sederhana yang tidak memerlukan upaya fisik yang rumit. Selain itu, Anda juga bisa melakukan meditas sebagai alternatif lainnya.

Latihan kardiovaskular

Berjalan atau joging ringan saat bangun tidur baik untuk tubuh Anda. Ini membantu menghangatkan tubuh, melepaskan energi, dan membakar lemak.

Ketika bangun tidur, kadar gula dan insulin berada di tingkat rendah. Tubuh membakar lemak sebagai energi. Ini membantu Anda menjadi lebih baik dalam menggunakan lemak sebagai bakar lemak.

Paling tidak, batasi diri berolahraga maksimal 45 menit. Jika tidak, ini bisa berbahaya bagi diri Anda.

Itulah deretan aktivitas menyehatkan yang aman dilakukan meskipun Anda belum makan. Walaupun begitu tetap usahakan untuk selalu makan dengan teratur, ya. (Lip6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here