Ibu Rumah Tangga Makin Melek Internet

Ilustrasi

Jakarta, Liputanbanten.co.id Penelitian baru dari Google bersama Kantar Worldpanel dan Kantar TNS mengungkap bahwa ibu zaman now semakin melek dengan internet. Bahkan, temuan yang mengejutkan adalah 1 dari 4 pengguna internet di Indonesia merupakan kalangan ibu.

“Angka tersebut mengejutkan, sebab dulu pasti kita berpikir yang melek internet hanya anak muda. Tapi ternyata juga pada ibu-ibu zaman now. Angka itu bahkan sama saja menunjukan bahwa hampir seperempat pengguna internet di Indonesia adalah kalangan ibu-ibu,” ungkap Insight Specialist CPG Google Indonesia, Ariyani Dwijayanti, dalam acara press briefing “Memahami Perilaku Ibu di Era Digital” di Jakarta, Kamis (22/2).

Aryani menambahkan selama menggunakan internet ternyata para ibu banyak yang mencari topik tentang parenting. Setiap tahunnya, bahkan selalu meningkat sebanyak 26 persen dalam setahun (yoy). Dari topik tersebut, sebanyak 52 persen mencari mengenai topik kehamilan, 32 persen mengenai anak-anak balita, dan 16 persen mencari tentang bayi.

“Hal ini berkaitan dengan fase seorang wanita yang baru menjadi ibu, terutama mereka yang baru memiliki anak pertama. Tidak hanya itu, para ibu zaman now banyak yang menonton cara mengasuh anak atau yang berkaitan dengan parenting melalui Youtube. Angka tersebut bahkan naik 5 kali lipat dibandingkan 2016,” tambahnya.

Menurut Aryani, penelitian ini memberikan gambaran menarik tentang cara-cara konsumen mencari dan memilih produk saat ini. Rata-rata pengguna Internet Indonesia memerlukan waktu 1 minggu untuk melakukan riset produk, tetapi sebagian besar riset dilakukan dalam hitungan jam dan menit sebelum pembelian. Dengan memahami hal ini dan membagikan pesan yang relevan di momen-momen terakhir yang krusial tersebut, brand akan memiliki peluang untuk mengubah pikiran konsumen dan berhasil menjual produknya.

“Para ibu menggunakan Internet untuk mencari segala macam informasi di semua tahap kehamilan dan pasca-kelahiran. Marketer cerdas harus menjangkau kelompok ini di media tempat mereka semakin banyak menghabiskan waktu dan mengambil keputusan membeli, yaitu di smartphone mereka,” tutup Aryani.

Sumber: Investor Daily

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here