Pilkades Kabupaten Serang Digelar Juli, April Mulai Pendaftaran

Rapat Persiapan Pilkades Serentak di Aula KH. Syam’un Setda Kabupaten Serang pada Senin, (22/2/2021).@Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Pemilihan kepala desa (Pilkades) di wilayah Kabupaten Serang akan digelar 11 Juli 2021. Itu akan berlangsung di 144 desa. Hasilnya, calon kepala desa terpilih dilantik Agustus ditahun yang sama.

“Kepala desa  hasil pemilihan akan kita lantik (16 Agustus,red) itu paling lambat,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri saat Rapat Persiapan Pilkades Serentak di Aula KH. Syam’un Setda Kabupaten Serang pada Senin, (22/2/2021).

Entus meminta Dinas Pemberdayaan Masyarajat dan Desa (DPMD) untuk mengatur jadwal atau tahapan sampai dengan pelantikan.“DPMD untuk segera menerbitkan SK panitia tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa karena ini sangat penting siapa, berbuat apa dan terkait pertanggungjawaban baik dari sisi pelaksanana maupun adminstratif karena ini menyangkut keuangan APBD,” ungkap Entus.

“Peran komunikasi, koordinasi sangat penting. Maka, mulai hari ini masyarakat harus sudah mengetahui kapan pilkades akan dilaksanakan dan bagi yang ingin mencalonkan agar menyiapkan persyaratannya,” kata Entus.

Entus juga meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang, memfasilitasi data pemilih.“Masyarakat yang bekerja diluar daerah pasti mereka pulang ada yang ingin mendukung saudara, teman atau keluarganya. Jadi, administrasi kependudukan harus difasilitasi agar semua mempunyai hak yang sama,” tegas Entus.

Diketahui, pesta demokrasi lima tahunan yang di ikuti 144 desa tersebut, untuk tahapan sosialisasi dimulai pada 24 Februari. Sedangkan untuk pengumuman dan pendaftaran bakal calon kepala desa dan pemberkasan terhitung 7 April sampai 27 April.

Kemudian untuk pendaftaran, pengumuman, penyerahan berkas, serta penyerahan kelengkapan bakal calon kepala desa terhitung 7 April sampai 27 April. Pendaftaran bakal calon kepala desa perpanjangan pertama 20 Mei 29 Mei, dan Pendaftaran bakal calon kepala desa perpanjangan kedua pada 31 Mei sampai 9 Juni.(Rls/Ifn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here