Bangun IPLT, SDAP Banten Rencanakan Penataan TPA Dengung‎

Bangun IPLT, SDAP Banten Rencanakan Penataan TPA Dengung‎. (Foto: Tk)
Bangun IPLT, SDAP Banten Rencanakan Penataan TPA Dengung‎. (Foto: Tk)

Lebak, liputanbanten.com – Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (SDAP) Provinsi Banten bangun Instalasi Pembuangan Limbah Tinja (IPLT) di Kabupaten Lebak, tepatnya di kampung Dengung, Desa Sukamekarsari, Kecamatan Maja. Saat ini bangunan yang merupakan bantuan kementrian PU tersebut pelaksanaan pembangunannya sudah rampung 100 persen.

Menurut Kasi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan SDAP Provinsi Banten, Adib Solihin, IPLT tersebut merupakan bantuan dari kementrian PU tahun 2014. Selain itu, sambung Adib SDAP Provinsi juga berencana akan melakukan penataan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, kampung Dengung desa setempat.

Pembangunan IPLT ini, kata Adib telah selesai sesuai rencana. Meski demikian, kata Adib, sebelum pembangunan bak-bak IPLT ini diserah terimakan kepada pemerintah kabupaten Lebak, tentunya masih dikenakan kewajiban pemeliharaan selama enam bulan.

”Insya Allah, pada tahun anggaran 2016 hal ini juga akan dilengkapi dengan rumah jaga. Bahkan tidak hanya itu, bangunan ini juga sekelilingnya akan di lakukan pemagaran, dan penataan jalan masuk dan akan dibuatkan land skip ” ujar Adib, ditemui dikantornya (23/03).

Adib juga menjelaskan IPTL ini dibangun‎ ‎dengan sistem betonisasi yang kualitas nya sangat dapat dipertanggung jawabkan. Sedangkan untuk pengecorannya , sambung Adib
untuk satu kubik beton nya bisa memakan biaya sekitar Rp 3 juta rupiah.

”Maka dengan sistem redimik hasil nya pun akan maksimal,kita juga akan siapkan sanitasi sumur pantau sebagai pelengkap yang wajib pada p‎rogram ini. Insya Allah kita rencanakan penataan TPA Dengung ini semuanya selesai di tahun 2016 mendatang ” jelasnya.

(tk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here