Ini Manfaat Buah Pisang

Ilustrasi. (Foto: Dok/Net)

Konsumsi buah sangat dianjurkan sebagai penyeimbang asupan tubuh. Segudang manfaat bisa Anda dapatkan dari konsumsi buah-buahan secara langsung, khususnya pisang yang mengandung gizi tinggi. Tak heran, setiap perhelatan kompetisi lari selalu tersedia buah pisang sebagai asupan energi bagi para pelari.

Kalium dalam pisang

Buah pisang yang berasal dari tanaman suku Musaceae merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, kandungan kalium dalam pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Semakin tinggi kadar kalium pada makanan yang dikonsumsi, risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke semakin rendah, karena kalium mengimbangi peran sodium dalam tubuh.

“Pisang juga baik untuk orang yang sedang stres. Sebab ketika stres, metabolisme tubuh meningkat drastis hingga mengurangi kadar kalium. Dengan makan pisang, kadar kalium akan kembali seimbang,” ujarnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan American College of Cardiology menjelaskan bahwa asupan kalium harian yang ideal sebesar 1.600mg atau kurang dari separuh jumlah kalium harian untuk dewasa, yakni 3.500mg. Jumlah tersebut cukup untuk menurunkan lebih dari seperlima risiko stroke.

Manfaat buah pisang

Bagi Anda yang memiliki hobi lari, pisang juga dapat memberikan kontribusi secara signifikan. Dilansir dari Runnersworld, manfaat tersebut antara lain:

  1. Sumber potasium alami

Satu buah pisang berukuran sedang, mengandung 422 miligram potasium. Sedangkan, tubuh membutuhkan banyak potasium untuk membantu otot berkontraksi, mengoptimalkan fungsi saraf, transfer nutrisi ke dalam dan ke luar sel, menjaga detak jantung agar tetap normal, hingga mengatur natrium dalam tubuh.

  1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Kalium berperan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh Anda, terutama elektrolit yang hilang setelah berlari. Aktivitas sedang hingga intens dapat menyebabkan perubahan kecil pada kadar kalium dalam tubuh. Oleh sebab itu, para atlet didorong untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium.

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung tiga gram serat atau sekitar 10 persen dari kebutuhan harian Anda. Pisang juga mengandung prebiotik, sejenis serat terfermentasi yang membantu bakteri baik dalam usus berkembang.

Berdasarkan penelitian, bakteri tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, bahkan menurunkan berat badan.

  1. Sumber energi yang baik sebelum berolahraga

Makanan terbaik untuk dimakan sebelum Anda berolahraga adalah makanan yang mengandung gula alami pada karbohidrat, namun tidak terlalu sulit dicerna. Pisang mampu memenuhi kriteria tersebut, mengingat banyak pula studi menemukan bahwa buah ini memiliki senyawa unik yang dapat meningkatkan ketangkasan tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah pisang dapat menurunkan risiko stroke. Sebab, potasium dapat membantu menyiram natrium yang menekan kinerja jantung, sehingga potensi kerusakan yang terjadi pada jantung pun akan berkurang.

Begitu banyak manfaat pisang yang bisa Anda peroleh, terutama bagi Anda yang hobi berolahraga lari. Bila Anda berencana mengikuti perhelatan olahraga lari, lakukan persiapan baik dari segi latihan fisik maupun asupan nutrisi. (Lb/Jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here