Program Harkamtibmas, Peran Polsek Bakal Diperkuat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit diwawancara awak media.@Liputanbanten.co.id

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bakal memperkuat kepolisian sektor (polsek) dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), diyakini menjadi program unggulan Polri ke depan.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan, menilai gagasan tersebut baik.”Kami melihat gagasan calon kapolri ini sangat bagus memperkuat peran polsek dalam pembinaan harkamtibmas dengan mengedepankan personel Babinkamtibmas (Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat) yang lebih kuat,” ujar Edi dalam keterangannya, Senin (25/1/2021).

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini kemudian menjabarkan hasil kajian yang dilakukan Lemkapi beberapa waktu belakangan. Menurutnya, masyarakat saat ini menginginkan agar peran fungsi pembinaan polsek di tengah masyarakat diperkuat. Artinya, ketika ada pengaduan tindak pidana ringan maka hal yang pertama dilakukan yakni penyelesaian lewat kekeluargaan atau lewat restoratif justice.

“Kebijakan ini lebih diterima dan adil menurut semua pihak,” ucap pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara, Jakarta ini. Edi lebih lanjut memperkirakan kantor polsek ke depan akan semakin ramai.

Karena akan banyak masyarakat yang memerlukan bantuan mediasi untuk penyelesaian sebuah permasalahan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Edi menilai dibutuhkan jumlah Babinkamtibmas yang semakin besar untuk melayani masyarakat.

“Masyarakat mengharapkan kehadiran polisi akan semakin mudah dihubungi saat masyarakat membutuhkan. Pelayanan polisi juga diharapkan akan lebih cepat dan lebih baik. Kami berkeyakinan kapolri baru nantinya bakal bisa membawa polri semakin baik,” katanya. Edi juga meyakini, program kapolri baru nantinya juga akan memberi warna baru.

Dimana kepolisian akan semakin prediktif, responsiabilitas dan tranparansi berkeadilan, dengan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat yang cepat dan humanis.(Gir/jpnn/Ifn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here