Presiden Jokowi Resmikan Bandara Internasional Kertajati Majalengka

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka Jawa Barat pada Kamis (24/5/2018).

Bandara Kertajati adalah sebuah contoh kerja sama pembangunan infrastruktur yang bagus antara tiga pihak yang saling menguntungkan, yaitu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan swasta.

Studi kelayakan bandara ini sudah selesai tahun 2003, lalu lokasi pertama ditetapkan tahun 2005 dengan janji pembiayaan sepenuhnya dari APBD Provinsi Jawa Barat. Akan tetapi tujuh tahun terlewati tanpa kemajuan sama sekali, atau sembilan tahun sejak studi kelayakan selesai. Izin penetapan lokasi yang lama hangus. Karena itulah perpanjangan izin penetapan lokasi tersebut harus diulang tahun 2012 dengan memasukkan ketentuan peran aktif pendanaan APBN.

Praktis, pekerjaan pembangunan Bandara Kertajati baru dimulai tahun 2014. Demi percepatan pembangunannya, maka pada kurun waktu 2014-2019 Bandara Kertajati dimasukkan ke dalam Rencana Strategis Nasional, bahkan tahun 2015 bandara ini menjadi salah satu Program Strategis Nasional.

Jokowi mengungkapkan bandara ini dapat melayani arus mudik Lebaran pada 8 Juni 2018. Jokowi baru saja melakukan touch down di Bandara Kertajati tadi pagi.

“Alhamdulillah pendaratan pertama Pesawat Kepresidenan RI di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat, berjalan lancar. Doakan bandara ini sudah dapat melayani arus mudik Lebaran 2018. Kata Menhub, kurang-lebih tanggal 8 Juni 2018 juga sudah ada penerbangan komersial yang masuk,” ungkapnya.

Jokowi juga berharap Bandar Udara Internasional Kertajati tersebut dapat menghidupkan perekonomian masyarakat. Selain itu Bandara ini akan menjadi embarkasi haji dan umroh.

“Bandara Kertajati tentu kita harapkan akan menghidupkan perekonomian kawasan sekitarnya. Selain untuk penumpang dan kargo, Bandara Kertajati juga akan menjadi embarkasi haji dan umroh untuk masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah,” tandasnya (Lb/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here