Koptan Lebak Dapat Bantuan Benih

Lebak, Liputanbanten.co.id – 400 kelompok tani (Koptan) di Kabupaten Lebak, mendapatkan bantuan benih kedelai untuk mendukung swasembada pangan nasional juga peningkatan pendapatan ekonomi petani. Hal ini di sampaikan oleh kepala seksi padi dan palawija Distanbun Lebak, Deni iskandar, jumat kemaren.

“Kami minta petani yang menerima bantuan benih kedelai dari program upaya khusus (Upsus) padi, jagung dan kedelai atau pajale bisa direalisasikan percepatan tanam,” katanya.

Dikutip dari Antaranews.com Penyaluran bantuan benih kedelai melalui program upsus pajale yang digulirkan Kementerian Pertanian untuk Kabupaten Lebak seluas 6.500 hektare dengan 400 kelompok tani tersebar di 28 kecamatan.

Saat ini, pendistribusian bantuan kedelai yang sudah diterima petani seluas 4.000 hektare dan sisanya sebanyak 2.500 hektare masih dalam proses.

Selama ini, petani yang sudah menanam kedelai seluas 300 hektare dan ditargetkan November ini bisa menanam seluas 3.700 hektare.

Sedangkan, pada Desember mendatang ditargetkan petani bisa menanam kedelai seluas 2.500 hektare.

“Kami berharap bantuan kedelai seluas 6.500 hektare itu bisa dilakukan percepatan tanam,” katanya.

Menurut Deni, petani yang memperoleh bantuan benih kedelai juga menerima dana pemeliharaan atau perawatan tanaman dengan nilai nominal sebesar Rp1,2 juta per hektare.

Penyaluran bantuan dana itu disalurkan melalui rekening kelompok tani masing-masing guna menghindari kebocoran. (Lb/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here