Empat Perantau Minang Sulap Ancol Jadi Kampoeng Minang

Para Penggerak Kampoengminang, Celi Parlina, Andika Cendekia, Dia Anggraini, dan Jenni Mulrita. (Dok. Istimewa)

Padang, Liputanbanten.co.id Beberapa negara berhasil memajukan perekonomiannya dengan mengeksplor seni dan kebudayaan yang dimilikinya. Indonesia juga berupaya untuk melakukannya, sebagai negara yang kaya akan kesenian tradisi, masakan tradisi, pakaian tradisi, serta kebudayaannya.

Salah satu upaya mengarah ke sana, Kampoengminang yang digerakkan oleh empat anak muda perantau Minang akan menggelar event Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018 (AKMF 2018), dari tanggal 10-13 Mei 2018 di Ancol Lagoon, Jakarta.

“Acara ini sengaja kami setting di Ancol, mengingat Ancol adalah salah satu tempat hiburan yang ramai di Jabodetabek, pengunjungnya juga banyak dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Tempat ini sangat tepat untuk mengenalkan segala hal tentang Minangkabau kepada masyarakat luas. Tentang waktu, bertepatan dengan long weekend, dan suasana menyambut bulan suci Ramadan. Mendatangi acara ini juga bisa sekalian untuk melepas kerinduan para perantau Minang yang tidak bisa pulang kampung pada tahun ini,” kata Dia Anggraini (Ghea), Social Media Specialists Kampoengminang, melalui rilis ke liputanbanten, Kamis (26/4).

Berbagai kegiatan seni dan budaya akan digelar pada acara ini, seperti; Arak-Arakan Tambua Tansa dan Makan Bajamba, Rabab Tradisional, Salawat Dulang Tradisional, Festival 1000 Randai, Permainan Tradisional KIM, serta Tarian Tradisional. Juga ada penampilan Kintani (Penyanyi dari Padang), Youtuber Minang (YTM), dan Dayukoto (Rapper Minang).

“Festival 1000 Randai adalah salah satu program yang dinanti-nanti, yang akan dipandu oleh teman-teman dari Gerakan Mudo Minang (Gemumi). Untuk pendaftaran bisa dicek di akun instagram Kampoengminang. Saat ini sudah ada 400 orang yang mendaftar. Harapannya semoga para pengunjung jadi mengenal Randai dan bagaimana cara pertunjukkannya,” kata Andika Cendekia, Conceptor Kampoengminang. (Lb/Fadhli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here