Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill Mundur

Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neill, Minggu (26/5/2019). Foto: Ist/Liputanbanten.co.id

Nugini, Liputanbanten.co.id – Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill mengundurkan diri pada Minggu (26/5/2019). Langkah ini dilakukannya di tengah kisruh politik yang membuat politisi partainya membelot ke oposisi.

Seperti diberitakan AFP, O’Neill yang telah memimpin sejak 2011 menyerahkan posisinya kepada Julius Chan, bekas PM Papua Nugini dua kali. Sebelumnya, posisi O’Neill beberapa kali terancam atas desakan turun dari oposisi.

“Penting bagi kami untuk mempertahankan stabilitas. Kami telah mendengar seruan tersebut dan kami sepakat untuk mengubah pemerintahan,” kata O’Neill.

Awal bulan ini O’Neill selamat dari mosi tidak percaya parlemen. Pemimpin berusia 54 tahun ini mendapat kritikan setelah menandatangani kesepakatan miliaran dolar untuk proyek gas alam cair dengan perusahaan Prancis Total dan AS ExxonMobil di awal 2019.

Proyek ini memang meningkatkan ekspor gas alam Papua hingga dua kali lipat. Namun oposisi mengatakan, hal itu tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dalam beberapa pekan terakhir, pembelotan juga terjadi terhadap anggota parlemen partai O’Neill, Kongres Nasional Rakyat. Jumat lalu saja ada sembilan anggota partainya yang membelot. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here