Tips Keuangan bagi Karyawan yang Sebentar Lagi Gajian 

Liputanbanten.co.id – Akhir bulan menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja atau karyawan. Ya, apalagi bagi mereka yang jadwal gajiannya di akhir bulan.

Bayangan segera mendapatkan pemasukan membuat keinginan untuk membeli sesuatu terkadang tidak bisa tertahankan. Lalu bagaimana mengelola uang gajian agar tidak cepat habis? Berikut tips keuangan untuk Anda.

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menyarankan, lebih baik tetap bijak dalam menggunakan uang gajian sehingga uang yang baru datang tersebut tidak langsung habis tanpa terasa.

“Dalam keadaan sebentar lagi gajian, alangkah lebih bijak kita tetap fokus pada apa yang jadi prioritas keuangan kita. Artinya bila pada tanggal-tanggal tersebut masih ada pembayaran cicilan atau pun kewajiban yang jatuh tempo, maka prioritaskan uang yang ada untuk pembayaran hal-hal tersebut dulu,” kata Andy, Senin (26/08/2019).

Andy juga tidak menampik ada keinginan untuk belanja barang-barang yang diinginkan. Hal itu tidak masalah. Namun, alangkah baiknya ada gaji yang disiapkan untuk tabungan.“Bila belum sempat menabung atau berinvestasi, maka segera lakukan lebih dulu,” ujar Andy.

Nah, setelah sudah membayar berbagai cicilan atau kewajiban lainnya dan sudah menabung, baru setelah itu bisa gunakan uang gajian itu untuk kepentingan pribadi.“Bila semuanya sudah terpenuhi, baru kemudian kita boleh menggunakannya untuk kesenangan kita,” tutur Andy.

Tapi ingat, jangan terlalu boros. Nunggu tanggal gajian lagi itu masih lama. Jangan sampai pertengahan bulan depan, gaji bulan ini sudah habis.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here