2019, DPRD Kota Serang Garap Pembentukan Sembilan Perda

Paripurna program pembentukan peraturan daerah (Perda) tahun 2019, Senin (26/11/2018)

Serang, Liputanbanten.co.id – Program pembentukan peraturan daerah (Perda)  tahun 2019 telah resmi di paripurnakan dan disetujui oleh DPRD Kota Serang.

Juru bicara badan pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) DPRD Kota Serang, Mochamad Rus’an mengatakan, program pembentukan Perda telah melalui koordinasi dengan Walikota Serang pada hari Rabu (21/11) lalu.

“Secara skala prioritas pembentukan rancangan Perda berdasarkan usulan yang disampaikan oleh Walikota serta perda yang merupakan usul prakarsa oleh DPRD. Lima usul walikota empat usul DPRD jadi total 9 Perda,” katanya, Senin (26/11).

Selanjutnya, berdasarkan ketentuan dalam pasal 115 ayat (4) peraturan DPRD kota Serang nomor 1 Tahun 2014 tentang tata tertib DPRD dinyatakan penyusunan program pembentukan Perda antara walikota dan DPRD disepakati menjadi Program pembentukan Peraturan Daerah Kota Serang tahun 2019.

“Sembilan Raperda yang telah disepakati menjadi program pembentukan peraturan daerah ini merupakan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, bagian dari rencana pembangunan daerah, penyelenggaraan bagi otonomi daerah dan tugas pembantuan serta merupakan aspirasi masyarakat,” tuturnya.

“Raperda yang telah disetujui juga bertujuan untuk menciptakan tertib administrasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan Kota Serang, meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat  dan terwujudnya penyediaan fasilitas yang memadai aman, aman, tertib, lancar dan efektif serta efisien,” bebernya.

Sembilan Raperda tersebut antara lain, Raperda tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah rpjmd Kota Serang tahun 2019-2023, Raperda tentang retribusi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Serang, Raperda tentang santunan kematian, Raperda tentang penyelenggaraan ketenagakerjaan.

Raperda tentang penyelenggaraan penyerahan prasarana sarana dan utilitas perumahan dari pengembang kepada pemerintah daerah, Raperda tentang penyelenggaraan perparkiran, Raperda tentang penyelenggaraan terminal tipe C, Raperda tentang perubahan atas peraturan daerah kota Serang nomor 11 tahun 2010 tentang bangunan gedung, Raperda tentang perubahan Perda nomor 7 tahun 2016 tentang perangkat daerah. (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here