Asik..Mulai Hari Ini Kereta Bandara Soeta Mulai Beroperasi

KA Bandara Soekarno-Hatta. (ist)

Tangerang, Liputanbanten.co.id – Mulai hari ini, Bandara Soekarno-Hatta mulai disentuh layanan kereta api. Layanannya dijamin tak kalah dengan kereta api bandara di negara tetangga.

“Pemberangkatannya dari Stasiun BNI City di Sudirman langsung ke Bandara Soekarno-Hatta. Kita buka untuk umum 26 Desember,” kata Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto, dalam siaran pers Kemenpar.

Sementara itu, jumlah calon penumpang yang hendak menggunakan layanan Kereta Bandara masih terpantau normal, tidak terlalu sepi namun juga tidak membludak pada diujicoba hari pertama. Selasa (26/12).

Tidak terlihat antrean padat di loket pembelian tiket secara elektronik (vending machine). Sebagaimana diketahui, KA Bandara tidak melayani pembelian tiket secara manual. Calon penumpang diharuskan memesan sendiri tiket melalui vending machine.

Selain jumlah calon penumpang yang belum ramai, tenant-tenant penjual makanan dan minuman juga masih tutup, belum dioperasikan, bahkan masih ada yang terlihat separuh jadi.

Sejumlah petugas juga tampak berjaga bila ada calon penumpang yang mengalami kendala membeli tiket atau masuk ke peron stasiun.

Selain melalui vending machine yang disediakan di stasiun, untuk pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi di ponsel. Untuk pembelian melalui aplikasi ponsel, penumpang dapat download aplikasi di Play Store.

Setelah masuk ke kereta, penumpang untuk sementara waktu dibebaskan memilih tempat duduk. Mereka tampak antusias meski belum terlihat ramai dan penuh.

“Enak, nyaman, space (ruang) antar bangku cukup luas. AC dingin. Orang enggak banyak jadi dinginnya lebih terasa,” tutur Galih yang menjajal kereta pagi ini.

Pada tahap awal uji coba operasional 26 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018 diberlakukan tarif promosi Rp 30.000. Sedangkan mulai tanggal 2 Januari 2018 rencananya akan diterapkan tarif Rp 70.000. Kereta bandara berangkat setiap 30 menit sekali.

Untuk sementara waktu pada tahap awal pengoperasian KA BSH, belum dilayani naik turun penumpang di Manggarai karena masih dalam proses pembangunan peron dan jalur KA Bandara oleh Satuan Kerja Proyek DDT DJKA Kemenhub. [dtc]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here