Alumni Unbaja Berhasil Kembangkan Usaha Tanaman Hydroponik

Riyan Syarif Hidayattullah dilahan tanaman Hydroponik yang sudah berhasil dikelolanya. @Foto:Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Riyan Syarif Hidayattullah merintis usaha tanaman Hydroponik. Kini alumni Program Studi Teknik Lingkungan UNBAJA tahun 2018 itu pun sudah berhasil mengembangkan usaha tersebut.

Pada awalnya Riyan hanya mencoba mula penanaman Hydroponik di di RSS Pemda Cipocok Jaya, Kota Serang dengan menerapkan Ilmu dari Prodi Teknik Lingkungan UNBAJA yang dipelajarinya selama kuliah.

Seiring dengan waktu, yang awalnya mencoba berubah dan membawa tekad untuk terus menggeluti usaha tanaman Hydroponik tersebut. Hingga sampai pada titik keberhasilan.

Kini Ryan mempunyai keinginan kuat untuk terus menjadi wirausaha dengan mengembangkan tanaman Hydroponik. Sehingga terciptanya lapangan pekerjaan.

“Hydroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tanpa menggunakan lahan yang luas. Ide ini tercetus dari adanya pipa air yang tidak terpakai di lingkungan kampus”, ujar Ryan, Minggu (27/1/2019).

Dijelaskan Ryan, pengelolaan tanaman Hydroponik yang digelutinya saat ini sudah mencapai 7 meja yang berisi 10 baris pipa.

Dalam 1 meja diisi 850 lubang per baris dengan kapasitas Produksi sudah mencapai 5.500 lubang tanam dengan target produksi 1.5 ton perbulan.

Adapun jenis tanaman Hydroponik yang sudah ditanam diantaranya Pakcoy, selada, sawi, kangkung, dan caisim.

Tanaman produksi Hydropnik Ryan sudah memiliki pasar tersendiri dan secara rutin didistribusikan setiap harinya ke beberapa rumah makan di Kota Serang.

“Hal lain yang sedang dilakukan Ryan adalah mengemas produk Hydroponiknya semenarik mungkin supaya dapat memiliki nilai jual yang lebih tinggi”, ungkapnya.

Ryan berharap pemerintah daerah dapat bekerjasama dengan dirinya dalam upaya membangun kemandirian pangan di Kota Serang.

Kini Ryan juga mendapatkan tantangan dari Kepala SMK 7 Kota Serang untuk mengelola lahan kosong di sekolah tersebut. Demikian halnya almamaternya sendiri memberikan ruang yang cukup bagi Ryan untuk mengembangkan usaha yang digelutinya saat ini. (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here