Unsera Gelar Seminar Nasional Komunikasi Politik Pilkada Serentak 2018

Serang, Liputanbanten.co.id – Dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2018, Universitas Serang Raya (Unsera) mengadakan seminar nasional komunikasi politik, Bertempat di aula lantai 6 kampus Universitas Serang Raya (Unsera), Kota Serang Selasa (27/2/18)

Turut hadir dalam acara tersebut, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono U. Tanthowi, MA, Ketua Program Pendidikan Ilmu Komunikasi Unsera Sigit Surahman, M.Si. serta Dr. Gun Gun Heryanto, S.Ag, M.Si pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif, The Political Literacy Institute.

Komisioner KPU RI Pramono U. Tanthowi mengatakan, Ada beberapa prinsip – prinsip kampanye, yaitu kampanye merupakan wujud dari pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggung jawab.

“Kampanye bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik warga negara dalam Pemilu, dan kampanye diatur sedemikian rupa oleh KPU agar tercipta keadilan antar peserta pemilu, serta menurunkan biaya kampanye pasangan calon,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Pendidikan Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya Sigit Surahman menambahkan, Pemilih harus berpikir reflektif, setidaknya berpikir reflektif bisa diterapkan ke dalam tiga kelompok pengembangan penerapan.

“Di antaranya pertama menanamkan pemahaman terhadap keberagaman budaya, ras, agama, pandangan, kepentingan dan juga etika hidup bermasyarakat. Kedua menjauhkan pandangan- pandangan bahwa kita menjadi manusia yang paling bebas dan tidak terikat oleh norma-norma dan etika yang berlaku di masyarakat. Ketiga menumbuhkan sikap toleran, dialogis, dan humanis ditengah -tengah masyarakat yang multikultural,”tutupnya [Lb/Ram]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here