Tim Staf Ahli Kasad Pertanyakan Mitigasi Bencana Kabupaten Lebak

Anak-anak korban banjir bandang di Kabupaten Lebak.@Foto:Net/Liputanbanten.co.id

Lebak, Liputanbanten.co.id – Tim kelompok kerja Staf Ahli Kasad bidang ilmu pengetahuan teknologi dan lingkungan hidup (Ilpengtek) melakukan kunjungan ke Kabupaten Lebak guna membahas mitigasi bencana.

Pimpinan tim Kolonel Inf Rimbo Karyono di Lebak Banten menjelaskan, kunjungan tersebut dalam rangka mengumpulkan data atau keterangan yang berguna untuk kajian dalam hal peran satuan kewilayahan, serta membantu pemerintah daerah dalam mitigasi bencana alam.

Menurutnya mitigasi merupakan upaya untuk mengurangi resiko bencana, hal itu dianggap sangat penting agar dapat mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan baik itu merugikan masyarakat maupun pemerintah daerahnya.”Kami hadir untuk membantu Pemkab Lebak dalam menjaga ekosistem juga membantu masyarakat yang ada di daerah-daerah,” tambah Rimbo, Kamis (27/2/2020).

Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan (Asda II) Kabupaten Lebak, Wawan Kuswanto yang menerima kunjungan tersebut mengungkapkan rasa terimakasihnya atas peran TNI kepada Kabupaten Lebak yang selalu terdepan dalam membantu masyarakat, terutama dalam keadaan darurat seperti kejadian bencana banjir bandang dan tanah longsor yang menimpa enam kecamatan beberapa waktu lalu.

“Kami siap membantu program TNI, akan kami berikan data-data yang diperlukan, semoga ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Kasad Ilpengtek dalam mengambil langkah-langkah kebijakan dalam mitigasi bencana ini,” jelas Wawan.

Dalam pembahasan tersebut Kolonel Rimbo meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak dan Dinas PUPR serta kepala BPBD agar menyampaikan hal apa saja yang sudah di lakukan dalam penanganan bencana dan pasca bencana, serta permasalahan lainnnya, untuk dikaji pada Focus Group Discussion (Fgd) yang akan dilakukan oleh timnya nanti.(Lb/Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here