BPOM RI Ungkap Peredaran Kosmetik Berbahaya Merk RDL

(Foto: Liputanbanten)

Serang, Liputanbanten.co.id – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI menyebutkan barang kosmetika ilegal yang bermerek RDL Hyidroquinone Tretinoin Babyface tidak baik atau akan berdampak negatif pada kesehatan.

Kepala BPOM RI Penny K Lakito, mengatakan bahwa dari penyelidikan dan hasil lab menunjukkan bahwa kosmetika ilegal bermerek RDL ini tidak memiliki izin edar dan mengandung zat kimia yang tidak menggunakan resep dokter.

“Konsumen harus waspada dengan produk ini, pastikan dulu ada tidak izin edarnya dari BPOM. Kalau merek yang kami amankan ini tidak ada izin edarnya” tutur Penny K Lukito kepada awak media di Kantor BPOM Banten, Kota Serang. Selasa (27/3).

Selain itu, Penny juga menjelaskan bahaya dari produk kosmetika ilegal yang sebelumnya peradaran barang ilegal tersebut telah digagalkan oleh Tim BPOM di Pelabuhan Merak, Banten.

Efek negatif untuk kesehatan konsumen dari produk ini sudah jelas pada permukaan wajah lanjut penjelasan Penny, kata ia, dampaknya akan cepat iritasi di wajah dan merusak pada bagian wajah serta akan cepat masuk pada peredaran darah, ginjal dan organ tubuh lainnya.

“Hyidroquinone Tretinoin substansinya kan ini obat keras” jelasnya.

Selain itu, Penny K Lukito juga menghimbau, terkait dengan masih maraknya ditemui produk ilegal, Kepala BPOM RI kembali meminta kepada seluruh pelaku usaha di bidang obat dan makanan untuk mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Masyarakat juga diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Jangan membeli atau menkonsumsi produk kosmetika yang tidak memiliki izin edar atau nomor notifikasi. Ingat selalu cek klik, cek kemasan, cek lebel, cek izin edar dan cek kadaluarsa sebelum membeli atau mengkonsumsi produk kosmetika,” tutupnya. [LB/Ram/AG]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here