Nelayan Korban Tsunami di Pandeglang Dapat Bantuan

Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menyerahkan bantuan perahu motor, Kamis (27/6/2019).@Foto:Ant/Liputanbanten.co.id

Pandeglang, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Kabupaten Tangerang, melalui MNC Peduli menyerahkan bantuan perahu motor kepada para nelayan di Kabupaten  Pandeglang  terdampak tsunami Selat Sunda yang terjadi pada 22 Desember 2018.

Bupati Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar didamping Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menyerahkan bantuan kepada para nelayan di  Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilurah Desa Sukanagara, Kecamatan Carita, Kamis (27/6/2019).

Zaki menyatakan bantuan tersebut merupakan kepedulian dari masyarakat Kabupaten Tanggerang melalui penggalangan dana pada peringatan hari jadi daerah itu.

“Saya pada  hari kedua setelah terjadinya tsunami langsung hadir dilokasi terjadinya tsunami. Pada bulan Desember juga bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tangerang,  maka dari itu kami sekaligus melakukan penggalangan dana dan terkumpul kurang lebih Rp1 miliar,” katanya.

Penggalangan dana, kata dia, tidak hanya saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Tangerang, namun terus berlanjut sehingga terkumpul uang sebesar Rp1,5 miliar.  Setelah terkumpul, Pemkab Tangerang  menggandeng MNC Perduli untuk menyalurkan dana bantuan tersebut ke Kabupaten Pandeglang.

“Setelah pihak MNC Perduli berkoordinasi dengan Pemda Pandeglang, ternyata yang dibutuhkan saat ini perahu, karena memang dampaknya cukup besar bukan saja ekonomi sosial namun alat melaut juga ikut rusak dan hilang,” ujarnya.

Ia menjelaskan,  bantuan perahu motor akan diserahkan pada nelayan terdampak tsunami 30 unit dan akan dilakukan dua tahap. Untuk tahap awal  diberikan sebanyak 15 unit dan 15 unit sisanya menyusul.

“Mungkin nanti sisanya silahkan mau dialokasikan ke daerah lainnya di Pandeglang yang sama terdampak bencana tsunami,”  katanya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita  mengucapkan terima kasih atas bantuan perahu motor yang diberikan pihak Kabupaten Tanggerang, yang tentu sangat bermanfaat bagi para nelayan terdampak tsunami.

“Pada malam pertama terjadinya tsunami kami sangat panik karena banyak korban, Alhamdulillah Kabupaten Tanggerang bantu kami juga dengan ambulannya, dan saat ini kami dibantu lagi,” ujarnya.

Dikatakam Irna, dengan adanya bantuan perahu motor ini, sedikitnya akan meringankan beban para nelayan yang perahunya rusak dan hanyut karena diterjang oleh tsunami.

“Intinya kami ucapkan terimakasih atas semua bantuan yang datang ke Pandeglang, begitu juga dengan 2000 relawan yang datang ke Pandeglang semoga ini jadi ladang pahala kita semua,” ujarnya. (Lb/Ant/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here