Kades Tidak Boleh Sembarangan Ganti Pegawai

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memberikan sambutan rapat pimpinan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Serang, Kamis (27/12/2018)

Serang, Liputanbanten.co.id – Kepala desa di Kabupaten Serang tidak diperkenankan memecat atau mengganti perangkat desa secara sepihak.

Ketua PPDI Kabupaten Serang, Wahyu Widadi mengaku, siap untuk menindak lanjuti laporan pemberhentian perangkat desa secara sepihak.

“Kita akan laporkan ke Camat atau Kepala Daerah agar persolan tersebut (pemberhentian sepihak,red) diselesaikan,” ujar Wahyu, Kamis (27/12/2018).

Hal itu disampaikan Wahyu saat menggelar rapat pimpinan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Serang.

Kegiatan yang digelar di Gedung Setda Pemkab Serang itu dihadiri Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Dalam kesempatan tersebut Tatu mengatakan, pemberhentian perangkat desa secara sepihak akan merugikan Pemkab Serang.

Sebab, Pemkab Serang telah memberikan pelatihan untuk pengelolaan anggaran dan administasi kepada kepada perangkat Desa.

“Perangkat desa sudah kita berikan pelatihan untuk mengelola dana Desa dan Pemkab Serang sudah mengeluarkan biaya pada pelatihan tersebut,” ujarnya.

Kata Tatu, Rotasi jabatan desa  harus koordinasi terlebih dahulu dengan camat untuk  melakukan penilaian yang objektif kepada perangkat Desa.

Kecuali, pegawai sudah melakukan kesalahan fatal. “Jangan sampai karena perangkat Desa tidak mendukung saat pencalonannya malah diganti,” katanya.

“Kalau mengganti perangkat desa alasannya harus kuat dan jangan sembarangan,” tegas Tatu. (Lb/Red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here