Ini 6 Wisata Unggulan Indonesia di Asian Games 2018

Kepulauan Raja Ampat wisata eksotis yang harus dilindungi. (foto: twisata.com)

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Sebuah kehormatan bagi Republik Indonesia bisa menjadi tuan rumah dari pesta olahraga terbesar se-Asia, yaitu Asian Games dan Asian Paragames yang digelar pada Agustus September 2018. Selain harumkan nama Indonesia di kancah internasional, ajang bergengsi ini juga turut meningkatkan pendapatan dalam negeri terutama sektor wisata dan perdagangan.

Jumlah warga asing yang berdatangan sebagai suporter menambah tinggi angka kunjungan wisata. Untuk itu, Indonesia mengusung 6 wisata unggulannya di billboard Asian Games 2018. Dari area barat hingga timur, yuk simak tempat-tempat indah andalan Indonesia ini seperti dihimpun oleh Reservasi berikut ini (28/8).

Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Kita mulai dari timur dengan megahnya Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan tinggi 3.726 meter dari permukaan laut, Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Kerinci di Sumatera.

Gunung ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luasan lebih dari 40.000 hektar. Tidak hanya wisatawan domestik, pendaki asing juga banyak yang datang ke sini untuk menjajal sendiri sensasinya menaklukan puncak Rinjani.

Selain ingin mencapai puncak, keberadaan Danau Segara Anakan juga menjadi daya tarik tersendiri. Danau seluas 1.100 hektar ini terletak di tengah kaldera, di bagian barat kerucut Rinjani dengan ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut.

Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Meski berada di kawasan Taman Nasional Komodo, keberadaan Pulau Padar masih kurang dikenal ketimbang dua pulau besar di sekitarnya. Orang-orang lebih familiar dengan Pulau Komodo dan Rinca, padahal keindahan Padar tidak kalah menarik untuk dieksplor.

Tepian pulau ini dikelilingi pantai indah berpasir merah jambu, mirip Pantai Tangsi atau Pantai Pink di Lombok. Tapi tak ada komodo di sini, diganti dengan pemandangan hijau dan hamparan bukit yang siap manjakan mata.

Pura Ulun Danau Beratan, Bedugul, Bali

Bali identik dengan ajaran agama Hindu yang kental di setiap sudut kota. Maka, tidak sulit menemukan pura di pulau ini. Salah satu pura tercantiknya berada di tepi Danau Beratan, Bedugul.

Pura Ulun Danau Beratan dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Danau atau dewi perairan. Keindahan bangunan dan alam di sekitarnya selalu bikin pengunjung ingin berkunjung lagi.

Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang beribukota di Makale. Wilayah ini sekaligus menjadi obyek wisata karena penduduk setempatnya masih mempertahankan gaya hidup khas Austronesia.

Mayoritas masyarakat Tana Toraja berprofesi sebagai petani. Hasil tani andalannya yaitu sayur-sayuran, rempah, kopi dan cokelat. Ada banyak pasar tradisional yang masih mengusung budaya adat dalam kegiatan perdagangannya. Tempat inilah yang banyak dikunjungi wisatawan saat liburan ke Tana Toraja.

Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Beralih ke Pulau Jawa, siapa yang tak mengenal Candi Borobudur? Satu dari tujuh keajaiban dunia ini berdiri megah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Borobudur adalah candi Buddha peninggalan Dinasti Syailendra.

Hampir setiap hari Borobudur selalu dikunjungi wisatawan asing. Area yang luas dan tangga sempit menuju lantai teratas candi nggak menyurutkan minat para pengunjung. Mereka rela berjalan kaki hingga puncak untuk menikmati pemandangan indah dari ketinggian. Ditambah kemegahan stupa dan patung Buddha Gautama di setiap sisi.

Pantai Gigi Hiu, Lampung

Di bagian barat Indonesia, Pantai Gigi Hiu jadi salah satu ikon wisata Sumatera dalam gelaran Asian Games 2018. Terletak di Kabupaten Tanggamus Lampung, pantai ini bukan dipenuhi gigi ikan hiu seperti namanya.

Keberadaan tebing-tebing batu di sepanjang pantai berbentuk runcing mengerucut, seperti gigi taring ikan hiu. Deretan tebing ini juga disebut sebagai Batu Layar, spot foto paling instagramable di Pantai Gigi Hiu.

Sebagai penduduk asli Indonesia, tempat wisata mana saja nih yang sudah pernah kamu kunjungi? (Lb/Mdk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here