Pemimpin ISIS Dikabarkan Tewas

Liputanbanten.co.id – Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dilaporkan tewas terbunuh dalam operasi penyerbuan tentara Amerika Serikat di Suriah.

Hal ini disampaikan sumber di Pentagon kepada media AS, Newsweek, pada Sabtu (26/10/2019). Dia mengatakan Baghdadi menjadi target utama dalam operasi rahasia militer AS di provinsi Idlib, Suriah, tepatnya di kota Barisha.

Sumber lainnya di kemiliteran AS mengatakan Baghdadi terbunuh dalam operasi tersebut. Sumber Newsweek mengatakan, terjadi baku tembak ketika pasukan AS masuk ke persembunyian Baghdadi.

Baghdadi dikabarkan meledakkan dirinya sendiri dengan rompi bom. Para pengawal dan dua orang istri Baghdadi dilaporkan tewas dalam serangan tersebut. Sumber di pemerintah AS mengatakan, ada anak-anak ketika itu namun mereka selamat.

Menurut seorang pejabat intelijen Irak kepada Reuters, AS mengetahui lokasi persembunyian Baghdadi berkat informasi dari mereka. Pejabat yang tidak ingin disebut namanya ini mengatakan, informasi ini berasal dari sebuah dokumen di lokasi rahasia di gurun Irak.

Di lokasi ini, mereka menangkap seorang pria dan wanita dari “lingkaran dalam” Baghdadi. Dari dokumen ini, mereka bisa tahu kemana dan di mana Baghdadi berada.

Pejabat keamanan Turki kepada Reuters menambahkan, Baghdadi baru dua hari berada di Barisha sebelum serangan dilancarkan dari darat dan udara. Dalam serangan itu AS mengerahkan helikopter, jet tempur, dan pasukan darat.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here