CSR Perusahaan di Kopo Minim

Ilustrasi. (Dok: Net)

Serang, Liputanbanten.co.id – Program penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang terhitung masih sangat minim. Padahal dana tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, terutama untuk pembangunan rumah layak huni dan pengobatan gratis.

Ketua bagian Tim CSR Bina Lingkungan Kabupaten Serang, Anas Mathofany mengatakan, untuk Kecamatan Kopo hingga saat ini baru ada satu rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang medapatkan aliran dana CSR untuk perbaikan. Rumah tersebut milik Juhdi warga Desa Garut, Kecamatan Kopo. Juhdi yang tinggal bersama istri dan dua orang anaknya tersebut sehari hari bekerja sebagai sopir mobil matrial.

“Kalau di Kopo sendiri baru ini pertama kali (mendapat bantuan dana CSR dari perusahaan-red), sejak dilantik (Pelantikan Tim CSR-red) sampai sekarang,” ujarnya.

Sedangkan untuk Kecamatan Jawilan yang lokasinya dekat dengan Kecamatan Kopo kata dia sudah ada 25 perusahaan yang ikut bergabung dalam program CSR perbaikan rumah dan pengobatan gratis.

“Kalau di Kopo baru satu perusahan yakni PT Kulit Murni Asia,” katanya.

Menurutnya, alasan masih minimnya perusahaan yang berkonstribusi di Kopo tersebut dikarenakan masih minimnya sosialisasi kepada mereka. Selain itu, bisa juga perusahaan tersebut sudah tahu hanya saja berdalih belum tahu. “Di Kopo itu ada 15-20 perusahaan padahal,” ujarnya.

Diakuinya, manfaat dari dana CSR yang dikumpulkan perusahaan itu manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan sosialiasi di wilayah Kopo. “Nanti kita sosialiasi lebih gencar lagi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya peletakan batu pertama rumah layak huni di Kecamatan Kopo untuk pertama kali ini, diharapkan akan dapat menjadi motor semangat bagi perusahaan untuk berkontribusi. “Mudah-mudahan bisa jadi motor kedepannya,” katanya.

Ia  berharap, semua perusahaan kedepan akan bisa turut berpartisipasi dalam CSR yang program utamanya adalah bedah rumah dan pengobatan gratis ini. “Supaya program prioritas ini bisa terus terlaksana di Kecamatan Kopo khususnya,” pungkasnya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here