AS Larung Jenazah Pemimpin ISIS ke Laut

Liputanbanten.co.id – Jenazah pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, dikabarkan dilarung ke laut. Kabar ini didapatkan dari seorang pejabat AS dan sumber AFP di Pentagon.

Pejabat itu tak menyebutkan secara rinci kapan dan di laut mana jenazah Baghdadi dilarung. Ia hanya menekankan, keputusan AS melarung jenazah Baghdadi di laut sama halnya dengan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden yang terbunuh dalam serangan pasukan khusus AS di Pakistan pada 2011 lalu.

Sebelum dilarung ke laut, menurut sumber Pentagon, ritual pemakaman secara Islami dilakukan untuk Baghdadi. Tidak seperti Osama yang dilarung dari kapal perang AS, menurut dua sumber, jasad Baghdadi dilarung menggunakan pesawat.

Tidak disebutkan alasan mengapa jasad Baghdadi dilarung ke laut. Untuk kasus Osama, keputusan ini diambil agar makamnya tidak banyak didatangi orang dan menjadi tempat pengkultusan.

Baghdadi meledakkan diri dengan rompi bom ketika terpojok di terowongan dalam serbuan tentara AS Sabtu lalu. Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley, mengklaim tidak ada tentara mereka yang terluka dalam serangan tersebut.

Milley menegaskan, mereka berhasil memindahkan jenazah Baghdadi yang meledakkan diri di dalam terowongan.

“Jasad Baghdadi kemudian diangkut ke fasilitas yang aman untuk kami konfirmasi identitasnya dengan tes DNA forensik,” kata Milley.

“Pelarungan jenazahnya telah dilakukan, lengkap, dan ditangani dengan tepat,” tambahnya. “Sesuai dengan hukum konflik bersenjata.”(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here