Indonesia Akan Bubar Tahun 2030, Buya Syafii Maarif : Jangan Ditanggapi Serius, Itu Fiksi

Samsul Ma'arif (Foto: Liputanbanten)

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Terkait dengan pernyataan kontroversi Prabowo Subianto mengenai Negara Indonesia akan Bubar di tahun 2030, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif mengatakan bahwa pernyataan tersebut tidak usah ditanggapi terlalu serius.

“Jadi jangan terlalu ditanggapi serius, itu hanya sekedar fiksi,” kata Buya Syafii Maarif saat menghadiri Diversity Award 2018 Serikat Jurnalis untuk Keberagaman, Jakarta, Kamis Malam (29/03).

Selain itu, dalam menghadapi tahun politik, Buya Syafii Maarif mengatakan bahwa efek domino dari Pilkada DKI Jakarta tahun lalu tidak akan menyebar ke daerah-daerah yang menyelenggarakan Pemilihan serentah di 2018.

“saya rasa di Pilkada tahun ini sudah ada perubahan, jadi politik sara ditahun pilkada ini akan menurun, cuma saya sangat prihatin dengan gempuran politik uang,” ujar Buya.

Kemudian, meminimalisir konflik di pilkada 2018 menurut Buya Syafii Maarif menjelaskan bahwa pemberitaan sekarang memakai issue agama atau menyalahgunakan agama demi kepentingan politik sudah tidak ada lagi.

“Liat saja diberita sekarang, memakai agama atau menyalahgunakan agama sudah tidak ada lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Dalam menghadapi tahun politik, Ia pun mengingatkan agar masyarakat meningkatkan peradaban politik.

“Yang utama itu tingkatkan peradaban politik di Indonesia, jadi kita itu harus semakin dewasa dalam menanggapi politik sekarang ini,” tukasnya [Lb/Ram]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here