Ini Kabar Baik Untuk Wajah Berjerawat

Ilustrasi (Dok/Net)

London, Liputanbanten.co.id -Mayoritas manusia yang rutin beraktivitas tidak pernah bisa menghindari diri dari jerawat. Baik disebabkan oleh debu, maupun oleh pemikiran stress atau masih banyak penyebab lain yang menimbulkan bintik jerawat di wajah. Namun bagi Anda yang termasuk orang yang jerawatan tidak perlu berkecil hati, sebab kini ada kabar baik dari dunia medis.

Menurut para ahli, orang yang wajahnya berjerawat kelak malah tampak lebih awet muda, dibanding orang yang wajahnya mulus.

Penelitian itu dilakukan oleh tim peneliti King’s College London dan meneliti lebih dari 1.200 orang kembar yang seperempat dari mereka berjerawat.

Tim penelitian tersebut menggunakan penelitian untuk menemukan telomeres. Ini adalah sebuah struktur berbentuk topi di ujung kromosom yang berfungsi melindungi DNA dari kerusakan.

Penelitian sebelumnya menemukan fakta bahwa pria dan wanita yang memiliki telomeres lebih panjang cenderung awet muda dibanding sepantar mereka yang mempunyai telomeres lebih pendek.

Dalam pencarian telomeres yang dilakukan, peneliti King’s College London menemukan telomeres lebih panjang secara siginifikan ditemukan pada mereka yang berjerawat. Temuan ini sudah memperhitungkan faktor usia.

Penelitian ke-dua juga dilakukan berupa pengujian contoh kulit. Peneliti menemukan sekumpulan gen dalam sel mati pada orang yang jerawatan cenderung kurang aktif.

“Penelitian kami dapat dikaitkan dengan panjangnya telomeres yang mucul secara berbeda-beda pada mereka yang berjerawat. Dan ini berarti sel mereka lebih terlindungi dari penuaan,” kata Simone Ribero, peneliti utama studi ini.

Semua responden penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal of Investigative Dermatology ini adalah wanita, namun tidak menutup kemungkinan bahwa hasil yang sama berlaku untuk pria berjerawat semasa muda.

Para ahli kulit telah lama menyadari bahwa mereka yang menderita pedihnya jerawat tampak menua lebih lambat dengan tanda kerutan dan penipisan kulit muncul jauh lebih lama dibanding mereka yang tidak jerawatan.

Penelitian sebelumnya dari universitas yang sama juga menemukan orang dengan banyak tahi lalat terlihat lebih muda.

Bukan hanya terlihat lebih muda, telomeres lebih panjang berarti tanda tulang lebih kuat dan mencegah seseorang jadi lebih ringkih saat menua nanti. (cnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here