Virus Corona Masuk Inggris, Dua Warga Positif Terjangkit

Dua orang warga usai menjalani perawatan di Pusat Perawatan Medis Wuhan, China. Foto: AFP/NOEL CELIS/kmp/Liputanbanten.co.id

Liputanbanten.co.id – Inggris memastikan dua warganya positif terjangkit viruas corona. Dua warga yang masih satu keluarga itu dinyatakan terpapar virus corona setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis.

Dikutip dari Reuters, kepala kesehatan Inggris, Chris Whitty, mengatakan mereka dinyatakan terjangkit virus corona, Jumat (31/1/2020).

Pihaknya sudah melakukan pemeriksaan sesuai standar terhadap dua pasien itu.“Para pasien sudah mendapat perawatan tim spesialis dari layanan kesehatan nasional (NHS). Kami menggunakan prosedur pengendalian infeksi yang telah dicoba dan diuji untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut,” kata Whitty.

Kasus ini juga menjadi kasus pertama virus corona di Inggris. Sebelumnya virus corona sudah menyebar ke Korea Selatan, Jepang, Thailand, Kamboja, Singapura, Thailand, Malaysia, Nepal, Sri Lanka, Jerman, hingga Amerika Serikat.

Whitty menuturkan, dua pasien itu sudah dipindahkan ke rumah sakit khusus di Newcastle. Tim medis yang merawat dua pasien itu diminta agar tidak gegabah selama merawat mereka.“Staf (medis), pasien lain, dan masyarakat umum tidak boleh melakukan tindakan berisiko dengan dua pasien itu,” ucap Whitty.

Tim medis juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan kepada dua pasien itu termasuk rekam jejak mereka sebelum terpapar virus corona.

Sebagai tindakan pencegahan, Whitty meminta seluruh warganya yang baru tiba dari China jika mengalami gejala-gejala seperti terjangkit virus corona, harus mengisolasi diri. Adapun beberapa gejala yang dimaksud seperti demam hingga sakit tenggorokan.

Sejauh ini pasien meninggal akibat virus corona telah mencapai 213 orang dengan jumlah penderita lebih dari 9.700 orang di 22 negara.

Tiga negara yakni Amerika Serikat, Jepang, dan Prancis sudah mengevakuasi seluruh warganya yang ada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei. Mereka tidak ingin mengambil risiko ada warganya yang terpapar virus corona.(Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here