Tunjangan Dewan Naik, Pengamat: Kinerja Juga Harus Naik

Serang, Liputanbanten.co.id – Kenaikan tunjangan Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang tak lama lagi bakal segera terealisasi. Namun seiring dengan naiknya tunjangan ini semua wakil rakyat dituntut untuk mampu menjawab harapan-harapan masyarakat.

Pengamat Politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Leo Agustino mengungkapkan, bahwa kenaikan tunjangan Pimpinan dan Anggota DPRD memang tidak dapat dihindari, karena merupakan amanat Peraturan Pemerintah. Namun yang paling penting, kenaikan tunjangan tersebut harus diiringi juga dengan kenaikan kinerja.

“DPRD harus secara serius menjalankan fungsinya sebagai legilslator yang mendengar dan menangkap kebutuhan, keluhan, keinginan publik, agar legislasi yang dihasilkan mampu menjawab harapan-harapan rakyat,” kata‎nya, kemarin.

Menurutnya, selama ini masih banyak hal yang belum mampu dijawab oleh lembaga DPRD.‎” Kita belum mendengar kerja maksimal DPRD dalam mengawasi pemerintah daerah. Termasuk masih lemahnya perumusan anggaran yang berorientasi pada penyelesaian masalah-masalah publik di level lokal,” tuturnya.

Kata Leo, jika kenaikan tunjangan ini tidak mampu mendorong kinerja DPRD menjadi lebih baik dari sebelumnya, maka rakyat wajib menunutut pengembalian uang tersebut.‎”Menurut saya rakyat harus melakukan class action, menuntut pengembalian uang rakyat yang tertanam dalam tunjangan-tunjangan yang dinaikkan tersebut,” katanya. (Lb/Yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here