Kelangkaan Vaksin Covid-19 Jadi Alasan Arab Saudi Belum Umumkan Kuota Haji

Ilustrasi Jemaah Haji

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Arab Saudi memberikan alasan belum diumumkannya kuota haji untuk Indonesia. Informasi yang didapat, bahwa kelangkaan vaksin Covid-19 menjadi salah satu alasanya.

Sebagaimana disampaikan Konsul Haji KJRI Eddah Endang Jumali mengaku sudah mendapatkan informasi alasan belum dimumukannya informasi resmi dari Arab Saudi terkait haji.

Berdasarkan penjelasaan Plt Menteri Media/Penerangan Saudi Mr. Majid bin Abdullah Al-Qashabi, mutasi virus Covid-19 dan kelangkaan vaksin menjadi salah satu alasannya.

“Mutasi virus Covid-19, kelangkaan vaksin, dan perkembangan wabah Covid-19 menjadi alasan Saudi belum mengumumkan mekanisme penyelenggaraan haji tahun ini,” jelas Endang dalam pernyataan resminya, Minggu (6/6/2021) sebagaimana yang diberitakan JPNN.

Ditambahkan Endang, bahwa pemerintah Arab saudi terus melaporkan perkembanga Covid-19 melalui konferensi pers, termasuk soal penyelenggaraan haji. Sementara itu, pemerintah Indonesia sudah memutuskan tidak ada pemberangkatan haji tahun 2021.

Sebagaimana yang disampaikan Menag Gus Yaqut dalam jumpa pers pada 3 Juni 2021, bahwa sampai saat ini belum ada informasi resmi apa pun dari Saudi terkait operasional haji.(Ifn/Jpn/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here