Skor 4-1 Atas Atalanta, Juventus Akhirnya Lolos ke Liga Champions 2021/2022

Juventus berhasil membungkam Bologna dan Cristiano Ronaldo lolos ke Liga Champions dari bangku cadangan/Dok.Istimewa

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Juventus melakoni laga pekan terakhir Liga Italia 2020-2021 dengan bertandang ke kandang Bologna di Stadion Renato Dall’ara, Minggu (23/5/2021) waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Juventus perlu meraih kemenangan demi mengamankan satu tiket menuju Liga Champions pada musim depan.

Dilansir BolaSport.com dari Lega Serie A, Juventus memimpin jalannya babak pertama dengan penguasaan bola 56 persen. Selain itu, Juventus juga mampu melepaskan 19 tembakan dengan 11 di antaranya mengarah tepat ke gawang Bologna.

Dalam laga kali ini, Juventus berhasil mendominasi dan melumat Bologna di kandangnya sendiri. Bertindak sebagai tim tamu, Juventus sudah dibuat pusing oleh skema serangan dari tim tuan rumah, Bologna.

Pada menit ke-4, Juventus hampir saja kebobolan lewat kerja sama antara Lorenzo De Silvestri dan Musa Barrow. Beruntung bagi Juventus, Wojciech Szczesny masih bisa menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Tak mau dipecundangi di babak pertama, Juventus langsung membalasnya lewat gol Federico Chiesa pada menit ke-6. Memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Adrien Rabiot yang sempat membentur mistar gawang, Chiesa melepaskan tendangan first time kaki kiri ke gawang Bologna.

Lukasz Skorupski yang sudah sempat berjibaku menghalau bola tendangan Rabiot tak mampu mengantisipasi bola tembakan Chiesa. Skor 1-0 untuk Juventus. Kebobolan satu gol, Bologna berbalik menguasai jalannya pertandingan dan berupaya untuk menyamakan kedudukan.

Namun, hingga pertandingan berjalan 20 menit, anak-anak asuh Sinisa Mihajlovic belum mampu menjebol gawang Juventus. Bologna baru mampu mencetak peluang apik pada menit ke-23 lewat Jerdy Schouten melalui tendangan jarak jauhnya. Akan tetapi, bola tendangan Schouten masih bersarang dengan nyaman di pelukan Szczesny.

Keasyikan menyerang, Bologna malah kebobolan lagi pada menit ke-29 lewat kerja sama Paulo Dybala dan Alvaro Morata. Berawal dari aksi individu Dybala di dalam kotak penalti yang mengecoh Schouten, penyerang asal Argentina itu memberikan umpan chip kepada Morata.

Morata berdiri di depan gawang yang sudah kosong dan tinggal menanduk bola yang datang tepat ke kepalanya. Juventus unggul 2-0. Juventus dan Bologna terus sama-sama melakukan jual beli serangan di sisa waktu babak pertama.

Serangan Juventus rupanya lebih efektif dan berhasil berbuah gol pada menit ke-45 oleh Adrien Rabiot. Memanfaatkan umpan dari Dejan Kulusevski, Rabiot menyudahinya dengan mempecundangi kiper Skorupski.

Hingga peluit tanda turun minum berbunyi, skor 3-0 untuk keunggulan Juventus tidak berubah sama sekali. Untuk sementara waktu, Juventus naik ke posisi keempat karena Napoli bermain imbang dengan Hellas Verona, sementara AC Milan masih unggul 1-0 atas Atalanta.

Di babak kedua, Bologna langsung tampil ngegas dan berhasil mencetak gol pada menit ke-46. Akan tetapi, Rodrigo Palacio yang mencetak gol ke gawang Juventus rupanya berada dalam posisi offside lebih dulu. Bologna pun gagal memperkecil ketertinggalan.

Juventus langsung menjawab aksi Palacio itu lewat gol Morata pada menit ke-47 usai menerima umpan jauh dari Wojciech Szczesny. Dengan tenang, Morata mampu menaklukkan Skorupski dan membawa Juventus unggul 4-0 atas Bologna.

Morata berpeluang mencetak hat-trick pada menit ke-57 andai bola tendangannya tidak melenceng tipis di sisi kanan gawang Bologna.

Juventus terus berupaya menekan lini pertahanan Bologna di babak kedua untuk bisa mencetak gol kelima mereka. Akan tetapi, hingga laga berlangsung 75 menit, Juventus tak kunjung memperbesar keunggulan di babak kedua.

Dejan Kulusevski sempat mencetak gol pada menit ke-80 lewat tendangan kaki kiri yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Bologna. Namun, gol itu tidak disahkan karena Kulusevski lebih dulu berada di posisi offside. Skor pun masih 4-0 untuk Juventus.

Bologna baru bisa mencetak gol pada menit ke-85 lewat Ricardo Orsolini usai memanfaatkan assist dari Ricardo Palacio.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 4-1 untuk kemenangan Juventus tidak berubah sama sekali. Dengan hasil kali ini, Juventus pun berhasil lolos ke Liga Champions musim depan karena Napoli hanya bermain imbang dengan Hellas Verona.

Juventus pun mengumpulkan 78 poin dari 38 laga dan berada di posisi keempat di bawah AC Milan dan Atalanta.

Sementara itu, AC Milan bertengger di posisi kedua dengan 79 poin dari 38 laga dan Atalanta mengoleksi poin yang sama, hanya saja kalah dalam hal head-to-head.

Bologna (4-2-3-1): 28-Lukasz Skorupski; 14-Takehiro Tomiyasu, 17-Gary Medel (26-Valentin Antov 58′), 5-Adama Soumaoro, 29-Lorenzo De Silvestri (43-Paolo Farago 68′); 30-Jerdy Schouten (18-Andri Baldurson 80′), 32-Mattias Svanberg; 11-Andreas Skov Olsen (10-Nicola Sansone 57′), 55-Emanuel Vignato (7-Ricardo Orsolini 57′), 99-Musa Barrow; 24-Rodrigo Palacio

Pelatih: Sinisa Mihajlovic

Juventus (4-4-2): 1-Wojciech Szczesny (31-Carlo Pinsoglio 68′); 16-Juan Cuadrado, 4-Matthijs de Ligt (19-Leonardo Bonucci 46′), 3-Giorgio Chiellini (5-Arthur 58′), 12-Alex Sandro; 44-Dejan Kulusevski, 13-Danilo (33-Federico Bernardeschi 68′), 25-Adrien Rabbiot, 22-Federico Chiesa (14-Weston McKennie 58′); 10-Paulo Dybala, 9-Alvaro Morata

Pelatih: Andrea Pirlo

#sumber: bolasport.com/Liputanbanten.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here