Semangat Junjung Nilai-Nilai Pancasila, Alumni Mapancas Bentuk Wadah Perkumpulan

Alumni Mahasiswa Pancasila (Mapancas) mengadakan silaturahmi virtual, Sabtu (2/10/2021)/Dok. Liputanbanten.co.id

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Alumni Mahasiswa Pancasila (Mapancas) melakukan acara virtual dalam rangka membangun silaturahmi lintas generasi.

Hadir dalam acara virtual DR. Sony West Manalu mantan Ketua Umum DPP Mapancas Periode 1992-1999 sekaligus sebagai Staf Ahli Menteri Sosial, dirinya menyampaikan bahwa Alumni Mapancas harus mampu menjadi kekuatan moral untuk membumikan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh anak bangsa.

“Ada tanggung jawab sejarah setiap alumni Mapancas untuk membumikan nilai-nilai Mapancas kepada seluruh anak bangsa. Alumni Mapancas harus mampu berkontribusi dalam membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing, sehingga mampu berkompetisi dalam era revolusi industri 4.0,” Ujarnya kepada liputanbanten.co.id, Sabtu (2/10/2021).

Pandemi Covid 19 yang masih melanda Indonesia tidak menyurutkan alumni Mapancas untuk menggelar silaturahmi yang dilaksanakan secara virtual, antusiasme peserta tampak dari hadirnya perwakilan alumni Mapancas dari berbagai daerah.

Peserta yang hadir diantaranya Rahmat Sulaeman dan Sachrial dari Jawa Barat, Hendrik dari Jawa Timur,  Nurhakim Kandaw dari DKI Jakarta, Alimuddin dan Harun Kendeng dari Sulawesi Selatan, Fahri dari Kalimantan Timur, Agus Subarli dari Banten, Yusafat Rendra dari Riau, Ronald Sihombing dari Jambi dan Yusmir Rasyid dari Sumatera Selatan. Disamping itu tampak hadir perwakilan DPP Mapancas 2020-2023 Waketum Sugirin Tjastoni, Waketum Andi Hidayat dan Sekjen Hendra Lesmana Ardi.

Mapancas yang lahir 28 Oktober 1958 telah banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional seperti David Napitupulu, Jacob Tobing dan lain-lain. Dalam rangka meneruskan kiprah para pendiri dan senior Mapancas maka alumni yang tersebar diseluruh Indonesia sepakat membentuk wadah berhimpun alumni Mapancas.

Sony W Manalu  menambahkan bahwa “Bentuk organisasi masih perlu dimatangkan oleh para mantan Ketua Umum Mapancas lintas generasi agar efektif dan mampu menjawab perkembangan jaman,” katanya.

Sementara itu, Inisiator silaturahmi Bambang WG mengatakan keberadaan Alumni Mapancas tidak hanya penting bagi keluarga besar Mahasiswa Pancasila tetapi juga bagi bangsa dan masyarakat.

Mantan Ketum DPP Mapancas 2012-2016 ini menambahkan “nantinya organisasi alumni Mapancas yang akan dibentuk harus mampu meneruskan idealisme kemahasiswaan dalam peran-peran real di masyarakat melaui profesi yang sekarang diemban oleh alumni Mapancas,” tutupnya. (Lb/Rls/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here