Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Banten Jaya Ikuti Sidang Paripurna DPRD Provinsi Banten

Serang, Liputanbanten.co.id – Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melakukan Visit Class ke DPRD Provinsi Banten, yang diiikuti oleh 37 mahasiswa, Selasa (7/6/2022).

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kebijakan Publik, mengikuti langsung kegiatan Rapat Paripurna dengan agenda Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan DPRD Terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Sebelum mengikuti sidang paripurna, Ketua DPRD Provinsi Banten, Andra Soni menyambut baik kehadiran Mahasiswa PPKn FKIP UBJ, dalam rangka visit class mata kuliah kebijakan publik.

Andra Soni mengatakan bahwa kegiatan ini mendukung program merdeka belajar sehingga mahasiswa PPKn UBJ dapat memngenal dan memahami secara langsung salah satu tahapan proses pengambilan kebijakan di daerah.

Hal ini juga mengacu pada kebijakan kemenristekdikbud terkait merdeka belajar – kampus merdeka.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi merdeka belajar yang mana mahasiswa belajar bukan hanya di kelas atau di kampus melainkan study lapangan, magang, dan belajar di ruangan yang berkaitan langsung dengan mata kuliah tersebut, ” Ujarnya.

Andra Soni juga memaparkan kedudukan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah sehingga dalam proses pegambilan kebijakan melalui proses yang panjang dan dirinya juga mengajak mahasiswa PPKn UBJ untuk dapat melek politik dan dapat berpartisipasi dengan memberikan berbagai kajian yang bersifat konstruktif bagi pemerintahan Provinsi Banten.

Direktur I Bidang Akademik UBJ, Sutanto memberikan dukungan dan mendampingi rombongan dosen dan mahasiswa PPKn UBJ untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang sanagt baik dari kegiatan visit class ini untuk dapat lebih meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah publik dan alternatif penyelesaiannya.

“Bahwa dalam konteks merdeka belajar, DPRD memberikan kesempatan bagi mahasiswa FKIP UNBAJA terutama PPKn untuk melakukan visit class sebagai bentuk aplikasi mata kuliah kebijakan publik dan DPRD merupakan salah satu aktor dalam menghasilkan kebijakan publik di pemerintah provinsi Banten,” Ujarnya.

Sementara itu pengampu mata kuliah kebijakan publik PPKn FKIP UBJ, Toni Anwar Mahmud mengatakan bahwa tujuan visit class ini untuk memberikan pengayaan kepada mahasiswa bagaimana peran dan fungsi DPRD dalam melaksanakan proses pengambilan kebijakan publik dan juga mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyelesaiakan masalah-masalah pembangunan daerah.

“Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan konsep Penta Helix dimana elemen Akademisi, Pengusaha (swasta) Masyarakat, pemerintah dan Medias (ABCGM) dapat bersinergi untuk bersama-sama memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan dan kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan terssebut Pj. Gubernur, Al Muktabar berkesempatan berdialog dengan mahasiswa PPKn UBJ di ruang paripurna. Serta berfoto bersama dengan dosen dan mahasiswa.

“Mendukung Universitas Banten Jaya untuk menjadi salah satu solusi bagi pengembangkan scientific, sehingga masyarakat Banten akan cerdas dan tentu lebih luas masyaakat Indonesia. Dan juga saat ini siswa yang mengakhiri pendidikannya untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tingggi salah satu pilihannya adalah Universitas Banten Jaya,” ujarnya

Turut hadir dalam visit class tersebut, Kaprodi PPKn Lina Marlina, Alamsyah Basri dan Ade Millatus’adiyah. (Lb/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here