Hadapi Musim Panas, Distanbun Lebak Akan Salurkan Pompa Air

Ilustrasi. (ist)

Lebak, Liputanbanten.co.id – Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak siap menyalurkan bantuan pompa untuk menghadapi kekeringan sehingga petani dapat melakukan gerakan percepatan tanam di daerah itu.

“Kami minta petani segera melapor jika terjadi kekeringan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak Dede Supriatna di Lebak, Senin.

Pemerintah daerah menyiagakan pasukan Brigade Alsintan untuk membantu petani yang mengalami kekeringan agar bisa dilakukan gerakan percepatan tanam.

Pasukan Brigade Alsintan menyalurkan pompa kepada kelompok-kelompok tani sehingga bisa menyelamatkan tanaman padi.

Saat ini, wilayah Kabupaten Lebak memasuki musim kemarau dan beberapa lokasi dilanda kekeringan.

Karena itu, pihaknya akan menyalurkan pompa jika kelompok tani melaporkan kekeringan.

“Kami minta kelompok tani segera melaporkan agar secepatnya disalurkan pompa sehingga bisa dilakukan penyedotan air sungai maupun air permukaan bawah tanah,” ujarnya.

Menurut dia, penyaluran pompa tersebut diprioritaskan areal persawahan yang memiliki sumber daerah aliran sungai (DAS), di antaranya Sungai Ciujung, Ciberang, Cisimeut, Cilangkahan, dan Cimadur.

Air permukaan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengairan lahan persawahan guna percepatan tanam serentak.

“Kami akan memberikan bantuan pompa hingga jumlahnya mencapai ratusan unit agar menyedot air dari DAS itu,” ujarnya.

Maman (50), seorang petani Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, mengaku, sawah miliknya seluas satu hektare bisa dilakukan gerakan percepatan tanam setelah dibantu pompa dan menyedot air dari Sungai Ciujung.

“Kami merasa lega setelah mendapat bantuan dari pasukan Brigade Alsintan bisa melaksanakan percepatan tanam serentak karena dilakukan pompanisasi itu,” katanya.(Lb/Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here