Bupati Turun Tangan Bersihkan Lautan Sampah di Pantai Labuan

Pandeglang, Liputanbanten.co.id – Bupati Pandeglang Irna Narulita langsung menurunkan alat berat terkait puluhan ton sampah di Pantai Labuan, Pandeglang. Ia memberikan ultimatum kepada warga setempat yang sering membuang sampah di pantai.

“Kita langsung turun ini, tapi nggak mungkin bersih sekarang juga. Besok-besok ada yang buang sampah kita berikan ultimatum,” kata Irna kepada detikcom, Pandeglang, Banten, Kamis (2/8).

Hari ini, Irna mengatakan, ia turun langsung untuk membersihkan puluhan ton sampah yang mengotori pantai di sepanjang Labuan khususnya di desa Teluk. Ada ratusan orang relawan termasuk dari Polres Pandeglang, Kodim 06/01, komunitas sadar wisata dan pengusaha perhotelan di sepanjang pantai.

Pembersihan sampah di sepanjang pantai ini, Irna mengatakan akan dilakukan dalam seminggu ke depan. Setelah itu, Pemda akan melakukan sosialisasi kepada warga terkait adanya Perda tentang denda pembuangan sampah sembarangan.

Di Perda tersebut, menurutnya warga yang buang sampah akan didenda paling sedikit Rp 250 ribu. Bagi yang membuang sampah dalam jumlah besar akan diberi denda Rp 1 juta

“Besok buang sampah sembarangan lagi, selain denda juga bisa dapat hukuman badan kurungan 3 bulan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lustrianto Amstono menambahkan, di sepanjang pantai Labuan akan diberikan papan peringatan larangan buang sampah sembarangan. Ia menduga, menumpuknya sampah karena perilaku orang tidak bertanggung jawab.

“Ini nanti kita kasih juga plang larangan buat warga agar tidak buang sampah di sepanjang pantai,” tegasnya.

Sebelumnya, detikcom menulis tentang menumpuknya sampah di sepanjang pantai Labuan khususnya di kawasan pelelangan ikan. Sampah tersebut menumpuk dan menimbulkan bau bercampur bau jemuran ikan.
(Lb/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here