Lima Makanan Merusak Gigi

Ilustrasi

Sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi bisa menyebabkan gigi rusak seperti berlubang hingga keropos. Terlebih jika terlalu banyak makan yang manis-manis.

Tapi tahukah Anda kalau gigi rusak tak hanya disebabkan karena banyak makan manis seperti permen? Dilansir dari Culinaryzen, setidaknya ada lima makanan lain yang bisa menyebabkan gigi rusak.

  1. Roti

Roti putih memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sementara seratnya sangat rendah. Ketika Anda mengunyah roti, kandungan gula pada roti akan keluar. Terlebih jika roti terselip diantara gigi Anda. Ketidaksadaran inilah yang membuat gigi Anda dapat rusak. Jika Anda sangat menyukai roti, sebaiknya Anda dapat memilih roti gandum atau jika tidak berkumurlah setelah memakan roti.

  1. Alkohol

Alkohol menjadi minuman yang dapat merusak gigi. Minuman Alkohol bisa membuat mulut Anda kering. Sebaiknya setelah minum Alkohol, minumlah air putih yang banyak agar mulut Anda tetap terhidrasi.

  1. Minuman Berkarbonasi

Sudah rahasia umum bahwa minuman berkarbonasi memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Sebuah studi dari pemerintah, baru-baru ini mengatakan bahwa minuman berkarbonasi sangat merusak gigi yang setara dengan kokain.

  1. Jeruk

Siapa yang tidak suka dengan minuman segar ini. Jeruk apapun baik yang diolah atau tidak ternyata dapat merusak gigi. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat keras untuk gigi sehingga dapat menyebabkan erosi atau pembusukan. Jangan lupa sikat gigi setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman jeruk ya.

  1. Keripik Kentang

Keripik kentang bukanlah camilan yang sehat pada umumnya. Sama seperti roti, keripik menempel di gigi Anda dan terurai menjadi gula. Sehingga menyebabkan gigi dan gusi Anda rusak. Kandungan pati di dalamnya pun buruk yang berpotensi pada penumpukan plak dan bakteri di dalam mulut Anda. (Lb/Jpnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here