Wabup Ajak ASN Bersikap Netral di Pemilu 2019

pns_ilustrasi

Lebak, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Kabupaten Lebak mengajak aparatur sipil negara (ASN) untuk bersikap netral pada Pemilu 2019 guna mewujudkan pesta demokrasi yang jujur dan adil. “Kita berharap ASN bersikap netral dan tidak boleh terjun politik praktis,” kata Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi di Lebak, Jumat (2/11/2018)

Pemerintah Kabupaten Lebak berharap Pemilu 2019 berjalan aman, damai dan sukses serta berkualitas.

Disamping juga partisipasi masyarakat memilih calon presiden (capres), calon wakil presdien (cawapres), Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan   kota/kabupaten cukup tinggi dan tidak golput.

Penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan wajib didukung, termasuk ASN untuk menentukan pemimpin definitif yang memiliki legalitas pilihan masyarakat. “Jika pemimpin itu berdasarkan pilihan rakyat tentu akan fokus bekerja untuk mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi tindakan tegas bagi ASN yang tidak netral dan mendukung salah satu capres dan cawapres tertentu. Sanksi tindakan itu mulai dari penurunan jabatan hingga pemecatan ASN.

Karena itu, dirinya setiap kegiatan pertemuan dan upacara apel selalu menyampaikan ajakan ASN bersikap netral dan tidak terjun politik praktis. Sebab, pegawai ASN sebagai abdi pemerintah tentu memiliki kewajiban untuk melayani masyarakat.

Namun, ASN juga wajib menggunakan hak politiknya pada Pemilu 2019 sesuai pilihan hati nurani. “Kami minta ASN jangan sampai golput karena sangat menciderai pesta demokrasi itu,” katanya.

Koordinator Divisi Sosialisasi Badan Pengawas Pemilu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak, Ade Zurkoni mengatakan hingga kini belum ditemukan ASN melakukan pelanggaran  dan terjun politik praktis.

“Kita secara langsung belum menemukan adanya laporan dari ASN terjun politik praktis dengan menentukan pasangan capres,cawapres maupun legislatif tertentu,” katanya. (Lb/Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here