Kenaikan Iuran BPJS Jadi Beban, Pemkot Serang Pastikan Jumlah PBI Dipangkas

Kepala BPKAD Kota Serang Wachyu Budhi Kristiawan.@Foto:Abdul/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Pemerintahan Kota Serang dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) hingga saat ini belum mnemukan jalan untuk menyelesaikan iuran BPJS yang naik dua kali lipat.

Kepala BPKAD Kota Serang Wachyu Budhi Kristiawan mengatakan, wacana kenaikan iuran BPJS yang digulirkan Kementerian Keuangan RI membuat pihkanya berpikir keras, pasalnya anggaran yang disediakan Pemkot untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS terbatas.

Apalagi, lanjut Wachyu, saat ini dana tambahan hanya senilai Rp2 Miliar. Kendati demikian pihaknya akan konsultasi dengan dewan untuk membicarakan solusi dari kenaikan iuran PBI.

Menurut pengamatannya, kenaikan iuran kepesertaan BPJS membuat pihaknya terpaksa memangkas puluhan ribu PBI di Kota Serang, hal itu dilakukan menyesuaikan dengan  anggaran yang disediakan Pemkot Serang.

“Kalau tarif iuran BPJS naik untuk PBI ada kemungkinan kita akan bicarakan dengan dewan apakah dipangkas PBI nya atau anggarannya ditambah. Tapi kalau ditambah harus dua kali lipat dari anggaran sebelumnya, jadi pening lagi ini kepala cari anggarannya kemana, bingung juga ini. Sedangkan dana tambahan kita hanya 2 Miliar bahkan di APBD-P saja geser jadi satu Miliar,” kata Wachyu, Rabu (4/09/2019).

Jika dana tambahan tidak bisa menutupi kekurangan-kekurangan pembayaran iuran BPJS ynag naik dua kali lipat. Maka, dengan terpaksa pihaknya melakukan pengurangan PBI

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Ikbal mengatakan, kenaikan iuran kepesertaan BPJS membuat pihaknya dengan terpaksa harus memangkas puluhan ribu penerima bantuan iuran (PBI) di Kota Serang.

“Ini salah satu kegalauan pemerintah daerah khususnya Dinkes Kota Serang, karena Pemkot Serang memberikan support bagi masyarakat tidak mampu yang terdaftar di PBI sebanyak 40.000 kalau dinaikan menjadi 2 kali lipat mungkin berkurang jadi 20.000 PBI, nah ini risih juga,” ujarnya.(Lb/Ar/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here