Sekda Berharap Puskesmas di Wamena Bisa Beroperasi Kembali

Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen.@Foto:Net/Liputanbanten.co.id

Papua, Liputanbanten.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta tegas agar pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, segera beroperasi seperti biasanya.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen, sampai saat ini baru satu puskesmas yang beroperasi pasca-rusuh Wamena, yakni Puskesmas Kota Wamena.

“Kami harapkan dalam waktu yang tidak lama, puskesmas lain pada distrik lain yang terkena musibah ini ataupun kerusuhan, bisa beroperasi kembali,” kata Hery di Kota Jayapura, Papua, Jumat (4/10/2019).

Hery menjelaskan, pengungsi kerusuhan Wamena sudah banyak yang dirujuk atau ditangani pada beberapa rumah sakit, seperti RSUD Dok II Jayapura dan rumah sakit lain.

“Bahkan telah bekerja sama dengan rumah sakit Angkatan Laut dan rumah sakit Bhayangkara untuk melakukan perawatan. Tugas kita yang utama sekarang, bagaimana puskesmas dapat operasional di tempat pengungsian,” jelas Hery.

Menurut Hery, pihak Pemprov Papua menjamin keamanan pasca-kerusuhan, sebab hal ini yang menjadi perhatian. “Kami di pemerintahan telah berkoordinasi dengan Pangdam XVII Cenderawasih dan Kapolda Papua,” jelasnya.

Kata Hery, skema keamanan yang menjadi catatan penting dalam hal ini. “Kami selalu berkoordinasi dengan Pangdam dan Kapolda, agar bagaimana skema pengamanan di Wamena. Sehingga jangan sampai ada feedback dari masyarakat yang mempunyai konotasi berbeda,” tuturnya. (Lb/Kmp/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here