KPU Kota Serang Pastikan Parpol Peserta Pemilu Bisa Akses Silon

Devisi Teknis dan SDM KPU Kota Serang Firly Murdiyat Mabruri. (foto: Liputanbanten)

Serang, Liputanbanten.co.id – Sejak Senin, 4-17 Juni 2018 mendatang, Seluruh parpol peserta Pemilu 2019 di Kota Serang sudah bisa mengakses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) di Kantor KPU Kota Serang, Selasa (5/6)

Seluruh perwakilan 16 parpol hadir untuk menerima username dan password Silon dari KPU. Masing-masing operator Silon dari parpol membawa surat mandat dari pimpinan parpol mereka masing-masing. Sesuai tahapan, pengajuan daftar calon oleh parpol kepada KPU di semua tingkatan

Dijelaskan Divisi Teknis KPU Kota Serang Fierly MM, operator Silon parpol nantinya akan menginput dan mengunggah syarat calon dan syarat pencalonan dari setiap caleg DPRD Kota Serang di 6 daerah pemilihan (dapil).

Di Kota Serang terdapat 45 kursi yang akan diperebutkan dari 6 dapil. Setiap parpol maksimal boleh mengajukan 100 persen caleg pada sebuah dapil. Maka diasumsikan jika semua parpol mengajukan full 100 persen caleg di setiap dapil, maka akan ada 720 caleg dari 16 parpol di 6 dapil.

“Melalui Silon masyarakat dapat mengakses calon-calon anggota DPRD, dari partai mana, ijazahnya apa, dan riwayatnya, sehingga masyarakat punya referensi yang cukup sebelum memberikan pilihan,” jelas Fierly.

Silon, kata Fierly, akan memantau dan mendeteksi potensi pelanggaran dalam proses pencalonan. Karena itu Silon diwajibkan. Silon bisa mengidentifikasi calon legislatif yang mencalonkan diri di dua dapil. Atau di dua tingkatan level dewan perwakilan.

“Contohnya ada caleg yang maju di DPR RI dan DPRD provinsi sekaligus. Selain itu, sistem ini juga akan memantau pemenuhan syarat-syarat pencalonan. Jika syarat belum terpenuhi, maka sistem akan mendeteksi dan mewajibkan calon memenuhi syarat secara keseluruhan,” Katanya

Ditanya Soal keterwakilan perempuan, Fierly juga memaparkan, pihaknya akan memastikan keterlibatan perempuan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. “Silon juga akan memastikan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dalam daftar calon yang diusulkan partai. Silon bisa menolak jika syarat keterwakilan perempuan belum terpenuhi,” paparnya

Operator Silon KPU Kota Serang Anang Azhari menuturkan, ada dua aplikasi Silon. Yakni Silon KPU. Ada juga Silon parpol. DPP parpol menjadi admin untuk Silon parpol. Karena itu DPP parpol bisa memantau proses pencalegan parpol mereka di level provinsi dan kabupaten/kota.

“Nanti akan ada bimtek khusus para operator Silon setelah terbitnya peraturan KPU tenatng pencalonan. Yang perlu kita amini bersama adalah bahwa Silon ini harus dipandang sebagai upaya KPU menciptakan prinsip akuntabilitas dan transparansi pemilu,” kata Anang, di hadapan para operator Silon parpol. (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here