Hasil Curanmor, 222 Unit Kendaraan Diamankan Polda Banten

Deretan kendaraan hasil curanmor yang diamankan Polda Banten, Kamis (05/09/2019).@Foto:Febry/Liputanbanten.co.id

Serang, Liputanbanten.co.id – Sebanyak 222 unit kendaraan roda dua dan 8 unit kendaraan roda empat diamankan jajaran Polda Banten. itu hasil pengungkapan sejak Juli hingga September 2019.

“Dari kasus tersebut di tangani oleh Polda Banten 5, Polresta Tangerang 43, Polres Serang 32, Polres Serang Kota 6, polres Cilegon 5, polres pandeglang 14 dan Polres Lebak 9,” ujar Kapolda Banten, Irjen Pol Tomsi Tohir, Kamis (5/09/2019).

Kapolda menjelaskan, dari seluruh laporan yang diterima jajaran kepolisian di wilayah Polda Banten untuk pencurian dengan pemberatan dan pencurian dengan kekerasan, 111 diantaranya dalam tahap penyelidikan, dua kasus ditangani penyidik umum. “Kemudian satu kasus dihentikan karena pelaku alami gangguan kejiwaan yang berat,” terangnya.

Selain itu, Tomsi mengungkapkan pihaknya mengamankan 97 tersangka dan juga barang bukti lain yang diamankan merupakan peralatan para pelaku kejahatan dalam melakukan aksinya.

“Barang bukti diantaranya satu buah senpi, sejumlah senjata tajam (sajam) dan juga kunci leter T. Semuanya ada 97 tersangka pelaku curat dan curas yang kami amankan bersama barang bukti,” paparnya.

Dalam melakukan aksinya, lanjut Kapolda, para kawanan pelaku tersebut kerap beraksi di pusat keramaian seperti pasar maupun lokasi lainnya.“Kalau pelaku pencurian dengan kekerasan seperti begal, itu beraksi dengan mengintai korban yang biasanya pulang kerja,” terang Tomsi.

Dalam kesempatan tersebut Jendral bintang satu menyarankan, bagi warga yang merasa kehilangan motor maupun mobil miliknya, dapat mendatangi pihak kepolisian setempat saat pembuatan laporan kehilangan dan membawa kelengkapan surat.

“Bisa diambil gratis di Polda Banten, atau polres setempat dan tidak dipungut biaya. Syaratnya dengan membawa kelengkapan surat kendaraan dan KTP,” jelasnya.

Kapolda menambahkan, untuk memudahkan proses identifikasi dan pengambilan kendaraan, pihaknya juga menyediakan saluran hotline. “Bagi warga bisa menghubungi call center curanmor di nomor 087708328403 atau bisa menghubungi Polres masing-masing,” jelasnya.

Kapolda mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu memarkir kendaraannya dengan menggunakan kunci ganda baik di tempat umum maupun di rumah pribadi. “Selalu kunci motor menggunakan kunci tambahan baik itu kunci di stang motor maupun di rantai motor,” pungkasnya.(Lb/Fs/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here