Data Kemendikbud, Ada 16 Provinsi Siap Menjalankan UNBK

Ilustrasi pelaksanaan UNBK

Jakarta, Liputanbanten.co.id – Ujian nasional (UN) kali ini akan dilakukan dengan dua sistem, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Dan pada Senin (09/4) mendatang para pelajar SMA dibeberapa provinsi sudah bisa menjalankan UNBK.

Dari data yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menunjukkan bahwa sebanyak 16 provinsi nantinya akan melaksanakan UNBK secara penuh. Ke-16 provinsi tersebut adalah Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Jogjakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Aceh, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Sayangnya, beberapa daerah belum bisa melaksanakan UNBK dan akan masih menggunakan sistem UNKP. Sekolah di Maluku diketahui paling banyak menggelar UN dengan sistem kertas pensil, yaitu sebanyak 69 persen. Kemudian disusul daerah Kepulauan Riau sebanyak 55 persen, NTT sebanyak 51 persen, dan Papua Barat sebanyak 50 persen.
Totok Suprayitno, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, juga menambahkan sebanyak 1.400.419 siswa di 11.162 sekolah dipastikan akan menghadapi UNBK.
Totok juga berharap ujian nasional kali ini bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kebocoran soal yang setiap tahun sering terjadi.

“Insya Allah semoga soal enggak bocor. Semoga ujian kali ini berlangsung tanpa hambatan apapun,” tutupnya. [kum]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here