Petani di Lebak Mulai Musim Panen Padi

Petani mulai masuk musim Panen Padi

Lebak, Liputanbanten.co.id – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak, Dede Supriatna menghadiri panen raya di kecamatan warunggunung, pada awal tahun ini di Lebak petani mulai memanen padi.

“Musim panen padi di daerah-daerah mulai berlangsung, kemungkinan petani akan memanen padinya sampe Maret mendatang,” kata.

Dengan mulainya panen padi di beberapa daerah di lebak membuat sentra pangan tidak terganggu untuk kebutukan tahun 2018 ini. Apalagi produksi pangan pada musim panen awal tahun ini meningkat karena di atas rata-rata 7,0 ton gabah kering pungut (GKP) per hektare.

Sementara itu, Pemerintah daerah tahun ini menargetkan produksi gabah sebanyak 570.000 ton dan padi gogo 35.228 ton (GKP).

“Kami sangat optimistis panen tahun ini bisa surplus hingga tahun 2019,” katanya.

Lanjut dede, Pemkab Lebak berkomitmen untuk mendukung surplus dengan menyalurkan bantuan peralatan pertanian dan produksi sarana pertanian.

Sementara itu Distanbun Lebak terapkan teknologi padi SRI hampir di seluruh daerah di Kabupaten Lebak, seperti petani Kecamatan Sobang, Panggarangan, Cipanas, Muncang, Leuwidamar, Bayah, Wanasalam, Malingping, Warunggunung dan Cibeber. [Lb/red]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here