Polresta Serang Ungkap Pemalsuan Dokumen Negara

Dok. Humas Polres Kota Serang

Serang, Liputanbanten.co.id – Kepolisian Resort (Polres) Serang Kota merilis pengungkapan kasus tindak kejahatan pemalsuan dokumen negara yang sudah melalukan aksinya selama dua tahun ini, bertempat di Aula Mapolresta Serang, Rabu (7/3/18).

Sebelumnya, Ketiga pelaku pemalsuan dokumen negara tersebut ditangkap petugas Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Kramatwatu di rumahnya bertempat tinggal di Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada (27/2).

Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin mengatakan pihaknya mendapati banyaknya data-data palsu serta dilakukan penelusuran dan ditemukan ratusan dokumen negara palsu.

“Kami dapatkan banyaknya data palsu di leasing, kita lakukan penelusuran dan kita temukan ratusan dokumen negara palsu seperti KTP, SIM, Ijazah Sarjana, Akte Kelahiran, dan Kartu Keluarga, serta alat yang digunakan untuk mencetak dokumen palsu,”ujarnya.

Kemudian, dari keterangan pelaku, diperkirakan sudah mencetak  ribuan lebih dokumen palsu yang dipesan dari berbagai daerah di Indonesia. Dokumen tersebut biasa digunakan pemesan untuk melakukan kredit kendaran, melamar pekerjaan serta melengkapi administratif data diri pribadi.

“Pemesannya juga sudah sampai luar daerah, ada Jakarta, Bandung, Hingga Sumatera. Dengan stemple dari instansi dan kepolisian yang dibuatnya sendiri,”kata AKBP Komarudin.

Sementara itu, polisi masih melakukan pengejaran tersangka lainnya yang diduga terlibat dalam kerjasama untuk meloloskan data palsu saat melakukan kredit kendaraan atau administratif lainnya.

“Kita masih terus kembangkan, mengingat banyaknya dokumen palsu yang dibuat, serta siapa saja oknum yang membantu para tersangka”tutupnya. [Lb/Ram].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here