Jangan Minum Air Kelapa Jika Kondisi Tubuhmu Seeperti ini, Karena Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Liputanbanten.co.id – Air kelapa memang dikenal menyegarkan untuk menghilangkan dahaga, terlebih saat cuaca panas. Tapi kalau kamu mengalami gangguan kesehatan berikut ini sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa karena bisa berbahaya.

Ada 7 manfaat mengonsumsi air kelapa, yaitu sebagai berikut :

1. Air kelapa ternyata lebih bernutrisi ketimbang susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.

2. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.

3. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuhmu lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.

4. Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.

5. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing.  Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

6. Jika kamu masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air kelapa.

7. Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium. Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung.

Namun walau kaya manfaat bagi kesehatan, rupanya tidak semua orang direkomendasikan untuk minum minuman satu ini. Ada beberapa orang dengan kriteria fisik dan status kesehatan tertentu yang sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa:

1. Gangguan ginjal

Penderita gangguan ginjal justru tidak disarankan untuk banyak mengonsumsi air kelapa.

Hal ini karena kandungan potasiumnya yang tinggi bisa membuat kondisi ginjal lebih terbebani.

2. Penyakit jantung

Tak hanya ginjal, rupanya kandungan potasium atau kalium yang tinggi pun bisa berdampak buruk bagi penderita jantung.

Dalam satu cangkir air kelapa segar kira-kira mengandung 252 mg sodium yang bisa memengaruhi kesehatan jantung bagi orang yang sudah memiliki kelainan pada organ jantung.

Kadar kalium dalam darah yang tinggi atau disebut juga hiperkalemia, biasanya menjadi penyebab cukup umum dalam kasus perubahan irama jantung yang bisa mengancam jiwa.

Baca Juga: Jangan Lagi Konsumsi 5 Makanan ini Saat Perut Kosong, Bisa Berubah Jadi Racun di Dalam Tubuh

3. Penderita diabetes

Kandungan kalium dan gula yang cukup tinggi membuat minuman satu ini tidak direkomendasikan juga bagi penderita diabetes.

Tentu hal tersebut bisa membuat diabetes menjadi sulit terkontrol sehingga sebaiknya dihindari.

4. Penderita iritasi usus

Rupanya air kelapa memiliki efek laxative yang bisa berbahaya bagi seseorang dengan penderita iritasi usus.

Efek tersebut membuat air kelapa memiliki fungsi sebagai pencahar alami sehingga tidak direkomendasikan.

5. Orang-orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu

Ada juga orang-orang yang tidak direkomendasikan meminum air kelapa karena tengah menjalani pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang dimaksud antara lain inhibitor ACE, beta blocker, dan beberapa antibiotik seperti penicillin.

Hal ini karena konsumsinya secara berbarengan bisa membuat kadar kalium dalah darah semakin tinggi, sehingga berbahaya bagi tubuh. Ingat ya, buat kamu yang termasuk dalam 5 kriteria di atas jangan mengonsumsi air kelapa karena bisa berbahaya bagi kesehatan. (Lb/Kom/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here