Posting Foto Bacaleg Diakun Instagram, Wakil Bupati Pandeglang Disurati Bawaslu

Ilustrasi. Badan Pengawas Pemilu. (Foto: Dok/Net)

Pandeglang, Liputanbanten.co.id – Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban posting foto Bacaleg DPR RI dapil Banten 1 Ade Rosi Khoerunnisa diakun Instagram pribadinya.

Sontak, perbuatan yang dilakukan Wakil Bupati tersebut mengundang perhatian dari masyarakat, pasalnya tindakan tersebut mengandung unsur kampanye.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Karsono mengatakan, dalam upaya merespon kegaduhan yang diperbuat menantu mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah tersebut, pihaknya sudah melayangkan surat teguran kepada pihak yang bersangkutan.

“Senin (6/8) pukul 15:30 WIB, Bawaslu sudah mengirimkan surat himbauan agar dihapus postingan tersebut dari instagramnya,” kata Karsono saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (7/8).

Lebih lanjut, Karsono menjelaskan, Dalam kurun waktu dua hari kedepan jika surat himbauan tersebut tidak di indahkan, terpaksa pihaknya akan melakukan pemanggilan.

“Kita akan monitor sampai dua hari kedepan, kalau tetap tidak mengindahkan himbauan kita, bukan tidak mungkin kita panggil,” jelasnya.

“Karena di UU nomor 7 tahun 2017 pasal 283 menjelaskan, bahwa pejabat negara tidak boleh melakukan tindakan yang menguntungkan salah satu calon peserta pemilu,” terangnya.

Ia pun menghimbau kepada pajabat negara untuk tidak melakukan tindakan yang melangar undang-undang pemilu.

“Kepada semua pejabat negara dan ASN tidak boleh melakukan tindakan yang menguntungkan salah satu calon peserta pemilu 2019, baik itu berupa kegiatan, himbauan atau ajakan yg ditujukan kepada lingkungan kerja atau masyarakat secara umum, pejabat negara harus tetap menjadi menjadi pelayan publik yang baik dan dimiliki oleh semua,” tutupnya. (Lb/Ar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here