Tips Mengemudi di Musim Hujan

Ilustrasi

Liputanbanten.co.id – Sebelum digunakan sebaiknya mobil dipanasi, sering-sering maintenance terutama untuk lubang kunci berikan pelumas agar tidak mudah berkarat.

Taruh karung berisi pasir di bagasi belakang, dekat dengan poros ban belakang. Tujuannya adalah agar untuk menambah tekanan pada ban. Sehingga traksi ban jadi lebih baik. Anda bisa juga mengganti dengan ban serep, dongkrak dan lainnya. Yang penting bisa digunakan sebagai pemberat. Traksi yang bagus membuat mobil lebih mudah dikendalikan, mengingat jalan-jalan di musim dingin kondisinya licin.

Selalu lihat kedepan, jika jarak pandang terlalu dekat, maka sebaiknya mobil berjalan pelan dan beri jarak aman dengan kendaraan di depan kita 2 kali dari biasanya.

Naikkan persneling langsung ke level 2 saat mulai menginjak gas saat mobil mulai berjalan. Ban memiliki traksi yang baik saat tidak terjadi selip/meleset saat mobil akan berjalan. Diharapkan dengan menaikkan persneling langsung ke level 2, membuat mesin menjadi agak berat saat mulai jalan, sehingga ban selip dapat dihindari.

Berkendara dengan pelan dan hati-hati. Sebagus apapun persiapan, pengalaman dan perlindungan saat berkendara, kalau tidak melakukan 2 hal tadi ya akan sangat sia-sia. Dengan berjalan pelan dan hati-hati, Anda bisa selalu mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi.

Saat berhenti mengeremlah secara perlahan dan berulang-ulang sampai berhenti. Jangan langsung mengerem panjang, mendadak dan tanpa jeda. Ini bisa mengakibatkan ban kehilangan traksi dan mobil bakal susah dikendalikan. Gunakan ABS system pada sistem pengereman mobil Anda agar lebih aman.

Jangan mengegas berlebihan saat membelok. Lebih baik kirangi gas atau malah tanpa di gas, tapi siap-siap mengerem.

Ketika ada di turunan atau tanjakan, usahakan tidak mengerem sampai ban berhenti secara mendadak. Ditakutkan ban akan terjadi selip, dan mobil susah dikontrol. Dan kelanjutannya Anda pasti tahu kalau mobil sudah dikontrol dan kondisi jalan pas tanjakan/turunan.

Buka kaca jendela setengah dan matikan AC agar embun di kaca segera hilang. Sehingga tidak menutup pandangan pengemudi. Tutup kembali jika embun sudah hilang dan Anda bisa menyalakan lagi AC-nya.

Jangan lupa untuk tetap melakukan pemeriksaan ban sebelum mobil berjalan. Kondisi jalan yang tidak licin saja sangat perlu pengecekan ban, apalagi sekarang kondisi jalan dingin, licin dan bersalju. (Lb/Net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here